Kupang, lensantt.com – Kecamatan Kota Lama Kota Kupang menerapkan pola orang tua asuh dalam penanganan stunting (untuk jumlah 310 kasus stunting di Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, red). Pola Orang Tua Asuh di Kecamatan Kota Lama diterapkan bedasarkan arahan Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh.

Demikian disampaikan Camat Kota Lama, Pah Bessie S. Messakh, S. STP., M.Si kepada media ini di Kupang pada Senin (7/11/2022).

“Pola ini melibatkan donatur yang ada pada masing-masing kelurahan dengan terlebih dahulu mengajukan proposal kepada masing-masing calon orang tua asuh,” ujarnya.

Menurut Pah Besdie, terkait pola orang tua asuh, pihaknya menjalin kerja sama dengan Grab dan Maxim untuk pengantaran bantuan dari orang tua asuh kepada anak-anak penerima bantuan stunting.
Pihaknya juga melibatkan sejumlah elemen yang terlibat dalam penanganan stunting diantaranya Kepala Puskesmas, UPT Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kader Posyandu, Pengusaha, BUMN, BUMD serta lembaga maupun pribadi yang bersedia pada masing-masing kelurahan. “Juga Dinas Sosial, Lurah dan Kepala Seksi yang membidangi persoalan stunting,” imbuhnya.

Alasan pelibatan pihak lain, katanya, yaitu karena stunting merupakan masalah kemanusiaan dan multi sektoral sehingga penanganannya harus melibatkan banyak pihak.
“Keterlibatan RT/RW dan para nakes dilakukan ecara berjenjang dengan fungsi masing-masing dari kelurahan sehingga semua terlibat dalam rangka penanganan stunting,” tandasnya. (Ikz)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here