Kupang,lennsant.com- elurahan Oesapa memggandeng pengusaha untuk menangani dan menekan angka stunting di Kelurahan Oesapa.

“Saya pernah gandeng salah satu pengusaha, dia datang bawa telur, bawa makanan, lalu saya bawa ke Puskesmas, karena pihak Puskesmas yang tahu mana yang paling parah yang harus dibantu, tapi itu sekali saja. Padahal kita butuh kesinambungan supaya para penderita ini bisa tertolong,” ucapnya.

Ia berharap orang tua dari anak-anak penderita stunting selalu membawa anak-anak ke Posyandu agar status gizi anak bisa dipantau. Selain itu agar bisa mendapatkan makanan tambahan dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Menurut Kiai Kia, langkah tersebut bagian dari upaya menemukan orang tua asuh bagi anak stunting berdasarkan permintaan Dinas Kesehatan Kota Kupang, yang isinya meminta pihak Kelurahan Oesapa untuk mencari orang tua asuh bagi anak penderita stunting. Walau demikian, pihaknya terlebih dahulu berusaha untuk menyamakan persepsi dengan para pengusaha atau calon orang tua asuh dari anak stunting.

“Mencari bapak asuh itu bisa, tetapi saya menyarankan waktu itu, kita harus samakan persepsi dulu. Misalkan nanti bapak asuh kasih duit, lalu siapa yang kelola?Pertanggungjawabannya seperti apa? Juga, seandainya dia (bapak asuh, red) drop barang, nanti pertanggungjawabannya bagaimana? Kita harus sepakat laporan kepada para bapak asuh ini seperti apa? Ini yang kita harus sepakat, supaya kita satu irama-lah,” jelasnya.

Kia mengungkapkan, pihaknya saat inisedang meminta stafnya mendata semua penderita stunting lengkap dengan alamatnya, supaya dapat pihaknya dapat lebih mudah mencarikan orang tua asuhnya bagi setiap anak stunting.

“Saya minta data para penderita stunting itu by name by address, supaya orang tua asuh yang kita cari itu adalah mereka yang berada di sekitar tempat tinggal penderita stunting. Agar yang diasuh itu tidak hanya materi tetapi batin juga. Maksudnya kalau dia kasih barang atau materi, sesekali dia juga kunjungi anak yang diasuhnya supaya bisa tahu perkembangannya,” paparnya. (Rjb)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here