KUPANG,lensantt.com – Sosialiasi terkait migrasi penggunaan TV Analog ke TV Digital terus dilakukan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Hal ini sesuai amanat UU Cipta Kerja.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang Wildrian Ronald Otta saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (15/6/2022) mengungkapkan, jumlah penerima Set Top Box (STB) TV Digital sesuai data yang diterima dari Kementrian yakni 10.535 Kepala Keluarga (KK).
“Jumlah ini sesuai dengan data Terpadu Kesejahteraan Sosial (TKS) dari Kementrian Sosial,” ujarnya.
Kolaborasi data dari Kementrian Sosial dan Kementrian Kementrian Komunikasi dan informatika itu, jelas dia, kemudian divalidasi di Kota Kupang untuk memastikan apakah telah terjadi perubahan ataukah tetap sesuai data yang ada.
“Jangan sampai ada yang sudah pindah, sudah menikah, ataukah meninggal, sehingga disesuaikan kembali,” jelas Andre, sapaan akrabnya.
Dia mengatakan setelah dilakukan  diverifikasi, data penerima STB tersebut kemudian telah dikirim ke Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk dilakukan tahapan validasi akhir. Setelah itu barulah dilakukan pendistribusian.
“Jadi untuk data penerima STB di Kota Kupang yang dikirim ke Kementrian sudah valid. Nanti pendistribusiannya by name by adress sesuai data yang ada,” ungkap Andre.
Andre memastikan pendistribuasian STB kepada penerima di Kota Kupang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang, sehingga progres dari Program Analog Switch – Off (ASO) dapat berjalan 100 persen.
Bagi warga yang tidak mendapat STB bantuan Kementrian Komunikasi dan Informatika,  Andre mengimbau untuk membelinya melalui Marketplace, Toko Online atau toko-toko elektronik yang menjadi langganan Kominfo.
“Masyarakat Kota Kupang dapat membeli STB yang bersertifikasi dan sudah melalui proses verifikasi sehingga hasilnya sesuai dengan harapan. Lebih canggih, modern dan bersih,” pungkasnya.
Dari 10.539 KK penerima STB rinciannya Kecamatan Kelapa Lima 1.507 KK, Kecamatan Alak 2.834 KK, Kecamatan Maulafa 2.339  KK, Kecamatan Oebobo 1.993  KK, Kecamatan Kota Lama   650 KK dan kecamatan Kota Raja 1.216 KK. (*)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here