Saturday, July 20, 2024

Jaga Kelestarian Lingkungan, Bupati Sabu Raijua Tanam Anakan Bambu dan Merbaun

-

Kupang,lensantt.com- Demi menjaga kelestarian alam dan lingkungan merupakan tugas kita bersama, baik pemerintah maupun masyarakat.
Sumber mata air Eimada Jawi merupakan salah satu mata air yang beberapa tahun silam sempat di gunakan oleh masyarakat desa Ledeana,, Kota Seba dan sekitarnya, di samping di gunakan oleh masyarakat desa Depe, baik untuk irigasi, untuk hewan dan untuk kebutuhan manusia.
Selasa, 06 Desember 2022, Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N. Rihi Heke.M.Si bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Desa Depe dan masyarakat yang ada di sekitar sumber mata air EIMADA JAWI, melakukan penanaman anakan bambu dan MERBAUN (anakan Bayam) dengan tujuan melestarikan dan menjaga serta melindungi mata air yang ada.
Dalam arahannya Bupati Sabu Sabu Raijua pada saat bertagap muka dengan beberapa tokoh masyarakat yang hadir,mengajak seluruh masyarakat desa Depe agar menjaga sumber mata air yang ada, karena air merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.
Ia menjelaskan, Saat ini debit air di mata air EIMADA JAWI mulai berkurang, sehingga pemerintah kabupaten sabu raijua dan juga masyarakat desa depa merasa  turut bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian sumber air EIMADA JAWI dengan cara menanam berbagai anakan di sekitar mata air EIMADA JAWI.
“Tanaman MERBAUN ini baru pertama kali di tanam di kabupaten sabu raijua, oleh karena itu  bupati sabu raijua berharap agar tanaman ini dipelihara sehingga populasinya dapat berkembang di sabu raijua, “Kata dia.
Di samping kayunya nanti di gunakan untuk kebutuhan bahan bangunan, Juga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi di masa masa yang akan datang karena kayunya dapat di jual dengan harga mahal. mari kita tanam di semua ruang yang kosong agar sabu raijua menjadi hijau pada masa yang akan datang, ajak Maballa sapaan akrab Bupati Sabu Raijua.
Tanaman Bambu dapat di gunakan juga sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah.
Bupati Sabu raijua juga Lokasi mata air EIMADA JAWI dapat di jadikan sebagai tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh banyak orang. (Ikz/LL75)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories