Beranda Pariwisata Mimpi Mabala Jadikan Sarai Kabupaten Pariwisata

Mimpi Mabala Jadikan Sarai Kabupaten Pariwisata

Kupang, lensantt.com – Sabu raijua merupakan Kabupaten yang baru dimekarkan sekitar tahun 2008 lalu. Kendati baru berumur jagung, Kabupaten sabu raijua termasuk berkembang baik. Apalagi begitu banyak destinasi wisata yang ada di kabupaten ini.

Sebut saja Goa Mabala, Budaya Hole, Pantai Napae, Pantai Cemara, Pantai Rai Mea, Pantai Kepo dan yang lagi Viral Tebing warna Kellaba Maja. Belum lagi, Rumah Raja Sabu, Situs Kapal Layar Kerajaan Inggris, Pantai Boddo yang indah dengan Pasir Pantai yang putih bersih dengan panjang 2 km.

Budaya Hole Foto : Internet

Dengan begitu banyak titik destinasi wisata yang dimiliki pulau para dewa ini, tentunya akan dapat menarik pengunjung wisatawan dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan masyarakat Sabu Raijua.

Namun,  siapa yang berani memulai membangun pulau dengan puluhan destinasi ini tentunya orang yang berani mempertaruhan apapun untuk sabu raijua. Jika ini menjadi pertanyaan maka semuanya akan mengacungan tangan kalau dirinya juga berani melakuan hal itu.

Goa Mabala Foto Internet

Dari begitu banyak orang, yang ingin membangun Sabu Raijua,  tersebutlah sebuah nama dialah  Nikodemus Rihi Heke. Pria yang juga disapa Mabala ini ternyata punya mimpi besar untuk Sabu Raijua khususnya dibidang pariwisata.

Baca Juga :  Masuk Nominasi Api, Bupati Sabu Raijua Minta Masyarakat Dukung Goa Mabala Dan Budaya Hole Wisata Unik Terpopuler

Dan bukan hanya sekedar mimpi belaka, sebagai langkah awal pergerakan ia mulai dengan memperkenalkan indahnya Sarai. Cara sederhana namun efektif yakni, menggelar berbagai kegiatan salah satunya Festival Kellaba Madja  yang digelar  9-12 mendatang.

Pantai Napae Foto : Internet

Niat tulus ini,  tentunya tidak berjalan mulus tantangan datang dari berbagai pihak bahkan, Kritik pedas dilontarkan yang mengiris nurani namun, hal itu tak menggoyahkan komitmen orang nomor satu ini.

“Itu kerikil yang harus dilalui,” kata Mabala kepada media ini Via Whatsapp Kamis (13/06/2019).

Kelaba Maja Foto :Intenet

Selain Promosi dan kegiatan, tentunya masih banyak yang harus diperbaiki baik itu infastrukstur lokasi destinasi pariwisata tersebut tapi pastinya harus bertahap.”Masih banyak yang harus dibenahi tapi pastinya bertahap,” kata dia.

Bagi seorang Nikodemus Rihi Heke membangun Sabu Raijua merupakan komitmen dirinya. Sehingga seberapa besar tantangan yang datang akan dia hadapi. “Apapun tantanganya pastinya akan saya lalui,” tambah dia.

Baca Juga :  10 Tempat Terindah di Dunia
Baca Juga :  Tempat Bakar Uang di Bukit IkanFoti

Kenapa harus pariwisata?? Tentunya menjadi pertanyaan besar yang akan muncul. Begitu banyak yang didapat jika pariwisata berembang salah satunya pendapatan masyarakat. Karena akan banyak orang luar yang berkunjung ke Sabu Raijua.

Hal sederhana,  yang akan dinikmati masyarakat adalah para wisatawan akan membeli  oleh-oleh khas pulau sabu mulai dari kain tenun dan barang lainnya. “Wisatawan pasti akan bawa pulang oleh-oleh asal sabu dan pastinya milik masyarakat,” kata dia.

Untuk menjadikan Sabu Raijua sebagai tujuan wisata, tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan harus dilalui bertahap tentunya akan membutuhkan waktu juga pengorbanan.

”Tidak semudah apa yang kita inginkan harus butuh kesabaran juga pengorbanan,” akunya.

Semua elemen diharapkan, ikut berpatisipasi dan Saling bergandeng tangan untuk menjadikan pulau seribu lontar menjadi pulau yang dikenal dunia.”Saling bergandengan tangan  merupakan kunci kesuksesan,”pungkasnya.

“Selain Pariwisata, untuk membangun Sarai masih ada bidang pertanian, pendidikan kesehatan dan berbagai bidang lainnya,” Tutup Mabala (ikz)

 

 

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

2019  Lalu, Badan Pertanahan TTS Berikan Ribuan Pelayanan Gratis

Soe, lensantt. Com - tercatat kurang lebih 6500 pelayanan gratis sudah diberikan oleh Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Kabupaten TTS. Pelayanan gratis tersebut terdiri dari, 3000...

PDAM Kota Kupang Pasang Wastafel Portable di Pasar dan Taman

 Kupang, lensantt.com - Sebagai langkah antisipatif terhadap wabah corona (Covid-19), PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang yang dipimpin Johanis Ottemoesoe memasang wastafel portable di beberapa area...

Masker Hasil Jahitan Istri Bupati Sabu Raijua Dibagikan, Masyarakat : Terima Kasih Mama

Seba,lensantt.com- Langkah Istri Bupati Sabu Raijua Martina Rihi Heke-Raga lai menjahit masker dan bagikan ke masyarakat sempat menuai kontraversi. Didunia maya sebagian oknum dengan mengunakan akun...

Tangani Covid-19, Pemkab Sarai Siapkan  13 M 

 Menia,lensantt.com - Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua menyiapkan dana senilai 13 Miliar untk menangani covid-19. Keputusan itu diambil setelah Bupati sabu raijua,Drs.Nikodemus Rihi didampingi oleh Sekda Septenius Bule Logo,...

Jumlah ODP Di NTT Capai 506 Orang, Libur Sekolah Diperpanjang Hingga 21 April 2020 

Kupang,lensantt.com -  jumlah orang dalam pengawasan (ODP) di NTT hingga saat ini telah mencapai 509 orang. Dengan meningkatnya, jumlah penderita corona virus arau Covid-19 di Indonesia...
error: Tidak boleh di Copas