Sebagian Besar Nelayan NTT Tidak Kantongi Buku Kapal

  • Whatsapp

Kupang, Lensantt- Sebagian Besar Nelayan di provinsi NTT hingga saat ini belum mengantongi Buku Kapal. Yang merupakan kelengkapan administrasi sebagai nelayan. Hal itu membuat para nelayan tersebut sering di ringkus ketika melakukan penangkapan di daerah lain,”Sebagian besar nelayan kita belum punya kelengkapan administrasi,” Kata Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi NTT Abraham Maulaka dalam diiskusi “pelestarian Terumbu karang untuk kesejahteraan masyarakat,” yang di selenggarakan oleh biro Humas Setda NTT, SIEJ, dan Chapter di Aula Graha Pena, Jum’at (06/06).

Menurut dia, kekurangan kelengkapan administrasi tersebut sangat menggagu aktifitas para nelayan khusunya yang ada di Kota Kupang.Selain itu, para nelayan NTT Menurut Maulaka, masih melakukan panangkapan ikan secara tradisonal sehingga ikan yang di hasilkan belum sesuai dengan harapan. Dia menambahkan, Kapal ikan yang dimiliki para nelayan NTT saat ini masih mempunyai kapasatis sangat kecil untuk.

Dia mengakui kalau, banyak nelayan luar yang menangkap ikan di perairan NTT dan naasnya para nelayan tersebut melakukan penagkapan dengan menggunakan bom sehingga banyak terumbu karang yang rusak.”Mereka gunakan bom,” pungkasnya.

Ia berjanji akan memperhatikan para nelayan yang saat ini masih menggunakan panangkapan ikan dengan cara tradisional. Dan bagi mereka yang menangkap ikan dengan menggunakan bom akan ditindak tegas,”Kami akan tindak tegas mereka yang tertangkap,” Kata dia. (Ikzan)

Komentar Anda?

Related posts