Saturday, July 20, 2024

Penjabat Walikota Minta Guru Muda di Kota Kupang Wajib Adaptasi Dengan Kemajuan Teknologi 

-

Kupang,lensantt.com- Harus Diakui Kemajuan teknologi memang sangat pesat. Untuk itu semua elemen tentunya pun dipaksa untuk memgikuti perkembangaj teknologi saat ini.

Guru sebagai penentu perkembangan siswa/i juga dituntut harus mengikuti perkembangan teknoogi saat ini.

Penjabat Walikota Kupang George Hadjon meminta agar semua guru-guru di Kota Kupang wajih mengikuti perkembangan teknologi khususnya dibidang pedidikan.

 

“meminta para pengajar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk mempercepat pencapaian mimpi dalam membangun masa depan khususnya dunia pendidikan,” Kata  Penjabat Walikota George Hadjon pada kegiatan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka atau IKM Senin, 4/10/2023).

 

 

Perkembangan teknologi kata dia, Sangat membantu anak-anak dalam meningkatkan pengetahuan. Sehingga, Guru sebagai pengajar puny tanggung jawab lebih  soal pengetahuan teknologi.

 

 

Ia berharap , Para guru dapat membimbing para siswa/i agar tidak menyalahgunakan teknologi saat ini.” Banyak anak-anak yang salah gunakan teknologi, guru punya tanggung jawab besar untuk itu,” Tegasnya.

Guru Diminta Ke jejang yang Lebih tinggi

Bukan hanya itu, Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjon juga meminta, Guru-guru muda di Kota Kupang didorong untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

” Guru harus sekolah ke jenjang yang lebuh tinggi,” ucapnya.

Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh, menyebut, hal itu sangatlah penting di era sekarang ini. ” Persaingam semakin ketat jadi harus lebih ke jenjang yang lebih tinggi,” kata dia.

Terkait Kegiatan itu, diketahui  diselenggarakan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Guru Penggerak Angkatan 3 Kota Kupang , Senin (4/10/ 2023).

Adapun kegiatan bertajuk “Kota Kupang Bersatu Sukseskan IKM Dengan Prinsip Gotong-Royong” melalui pelatihan bersertifikat yang melibatkan guru sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama baik negeri maupun swasta di Kota Kupang.

Hal itu selaras dengan salah satu tujuan yaitu meningkatkan pemahaman terhadap pemanfaatan platform merdeka mengajar bagi peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, sebagai bagian dari upaya yang sistematis.

Harapan kita semua dengan pelaksanaan kegiatan tersebut peserta mampu memahami dengan baik IKM serta pemanfaatan aplikasi Platform Merdeka Mengajar bagi sekolah-sekolah yang telah mendaftar sebagai pelaksana IKM secara mandiri,” ujarnya.

Menurut George Hadjoh, pendidikan merupakan satu-satunya lembaga yang bertanggungjawab dan berperan penting dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) seperti nadi dan jantung pada tubuh manusia.

Sebagai contoh negara maju menjadi hebat karena sektor pendidikan sangat di perhatikan dan didorong kemajuannya dengan sungguh-sungguh.

 

 

George Hadjoh menekankan, sebagai guru penggerak maka harus memiliki hati seorang hamba bagi para murid. Sehingga para guru harus melayani murid dengan baik sebagai pembawa perubahan kemajuan dan kesejahteraan untuk negeri ini.

 

 

Oleh karena itu, sebut dia, baik dalam metode mengajar, penalaran, pengambil keputusan dan dalam memperbaiki diri harus dipersiapkan secara luar biasa bagi para murid.

 

 

Dia berpesan agar semua pihak yang berperan dalam kemajuan pendidikan di Kota Kupang untuk terus bergerak dengan gotong-royong serta saling berkolaborasi satu sama lain.

 

 

Peningkatan kompetensi dan kapabilitas guru juga menjadi fokus utama George Hadjoh saat awal dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Kupang. Menurutnya hal tersebut akan mampu menghasilkan kualitas dan mutu pendidikan yang baik.

 

 

“Saya juga meminta agar Dinas Pendidikan dapat mendorong guru-guru muda agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi supaya terjadi peningkatan kompetensi guru serta cara berpikir untuk berubah menjadi lebih maju. Kuncinya adalah bekerja keras dan bekerja bersama-sama dengan Tuhan maka kita pasti berhasil,” kata dia.

 

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kegiatan tersebut.

 

” saya menyampaikan limpah terima kasih kepada semua kepala sekolah dan guru yang telah mengambil bagian dalam sesi penguatan IKM, ini menurut saya adalah suatu upaya yang kita tidak boleh sia-siakan, apabila kita mau meninggalkan legacy.bagi anak-anak kita,” jelasnya. (Ikz).

 

 

 

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories