Thursday, July 25, 2024

Keluarga Konay Siap Pertahankan Tanah,  Kuasa Hukum :  Kasus Tanah Konay Selesai

-

Kupang,lensantt.com- Persoalan tanah keluarga Konay kambali mencuat. Keluarga Samadara dan Kolo mengklaim kalau tanah yang sudah dimenangkan oleh Konay adalah milik mereka.
Armi Konay Saat Menunjukan Salah Satu bukti

Menanggapi hal itu Kuasa Hukum Keluarga Konay Fransisco Bessi, SH.M.hum dalam keterangan persanya Selasa, (30/03/2021) menjelaskan, dengan keputusan Mahkama Agung (MA)

Ia menjelaskan, Perkara ini sudah berulang-ulang sejak tahun 1951. Namun putusan saat ini jelas Marthen Konay selaku ahli waris dari Yohanis Konay sah pemilik tanah,” jelas Fransisco mendampingi kliennya Marthen Konay.

Putusan MA No 65 tahun 1993 dengan jelas menyebutkan penggugat Viktoria Anin, Yohanis Samadara dan Philipus Kolloh tidak berhak atas objek sengketa tanah itu.

Mendasar dari putusan hukum berkekuatan tetap  maka tiga objek tanah tepatnya di Pagar Panjang dan Danau Ina sudah selesai. “Jadi saya anggap sudah tidak ada masalag lagi,” katanya.

Mewakili keluarga Army Konay menuturkan, sengketa tanah tersebut sudah berlangsung sangat lama.

” Perkara ini bukan baru sudah puluhan tahun,” tegasnya.
Bahkan, perkara tanah tersebut dimulai saat Provinsi NTT masih berstatus sunda kecil pada tahun 1951 lalu.
“Gugatan lahan antara Bertolomeus Konay dan Viktoria Anin sudah terjadi sejak 1951. dalam putusan Pengadilan Negeri ( PN) Kupang No 5/1951 tanggal 25 Mei 1951, ” rincinya.
Putusan itu kemudian disahkan oleh pengadilan tinggi/banding Gubernur Sunda Kecil Bali, putusan No 19/1952 tanggal 28 Agutus 1952, dan putusan Mahkamah Agung No 63.k/PDT/1953 tanggal 31 Agustus 1955 dalam perkara perdata antara Bertolomeos Konay dan Viktoria Anin.
“Dalam putusannya disebutkan menolak putusan kasasi Bertolomeus Konay,” kata Army.
Ia menegaskan, secara hukum sebenarnya sudah sah kepemilikan tanah sengketa tersebut milik mereka.
“Apa yang mau diperkarakan bukti keputusan hukum sudah inkrah,” jelasnya.
Sementara itu Marthen Konay dengan tegas menyatakan akan mempertahankan tanah tersebut dengan cara apapun pasalnya, tanah itu merupakan hak mereka.
 
“Kami sudah komitmen kalau akan mempertahankan tanah ini karena ini hak kami,” tegasnya. (Ikz)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories