Maumere,lensantt.com- Masalah antara warga masyarakat Talibura (Agustinus Ambrosius Robinson) dengan anggota TNI AD yang betugas sebagai Babinsa di Koramil 1603-02/Talibura (Serda Stanislaus Wyparlo Waja) berujung damai.
Kedua belah pihak bersepakat damai setelah difasilitasi langsung oleh Danramil 1603-02/Talibura (Kapten Inf Sulaiman), bertempat di Koramil 1603-02/Talibura, Jln. Maumere-Larantuka, Desa Talibura, Kec. Talibura, Kab. Sikka, Selasa 15 November 2022 sekitar pukul 15.30 s.d pukul 17.40 Wita.
Wilfridus Iko  perwakilan keluarga dai keluarga korban mengatakan ,  Pihak keluarga sudah menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.
“Kami pihak keluarga  jelaskan kalau  permasalah ini sudah diklarifikasi bersama antara kedua belah pihak dan kami telah selesaikan bersama secara kekeluargaan dan adat,” tegasnya.
Ia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut kedua pihak bersepakat untuk saling memaafkan serta tidak ada perselisihan di kemudian hari dan tidak adanya intervensi dari pihak manapaun.
” Kami memegang teguh isi pernyataan yang telah di buat dan disepakati,” ujarnya.
 Selanjutnya,  pada tanggal 21 November 2022 mendatabg akan dilaksanakan kegiatan damai secara kekeluargaan secara adat dengan melibatkan tokoh  adat   belah pihak, bertempat di Makoramil 1603-02/Talibura.
Dandim 1603 Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P. melalui telepon seluler mengatakan, kehadiran TNI untuk melayani masyarakat.
Ia bersyukur karena permasalahan itu bisa diselesaikan secara damai. ”  TNI bekerja untuk Masyarakat, jadi persoalan dengan masyarakat menjadi perhatian khusus bagi TNI,” ucapnya
Untuk di ketahui Dandim 1603 Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P. Sikka saat ini di Kupang, mengahdiri duka cita yang mendalam telah berpulang Danrem 161/ WS Brigjen Iman Budiman S.E. Pada Senin 14/11/2022 disebakan jantung.
Adapun yang Hadir dalam penyelesaian kesalahpahaman kedua bela pihak, antara lain : Plh. Kasdim 1603/Sikka (Kapten Inf Ida Bagus Wiryawan).,Camat Waiblama (Antonius Jabo Liwu)., Danpok Bansus Unit Inteldim 1603/Sikka (Peltu Chairil Mahmudi) beserta 4 personel.,Ka Pospol Subsektor Talibura (Aipda Berger) beserta 2 anggota personel.,Agustinus Ambrosius Robinson beserta isteri dan keluarga sebanyak 13 orang, Anggota Makoramil 1603-02/Talibura.
Kesalahpahaman terhadap korban masyarakat Talibura dan anggota TNI AD Koramil 1603-02/Talibura terjadi saat acara pesta Nikah di rumah Bapak Hipoletus Hipo (Pernikahan Anak) bertempat di Desa Darat Gunung, Kec. Talibura, Kab. Sikka pada Jumat 11 November 2022.
Yang mana Agustinus Ambrosius Robinson (korban) diamankan oleh pihak Piket Makoramil 1603-02/Talibura (1 personel) dan anggota Pospol Subsektor Talibura (2 personel) dipimpinan Kapospol Subsektor Talibura (Aipda Berger) setelah menerima informasi via telepon dari Camat Waiblama Antonius Jabo Liwu. (Icha)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here