Wednesday, July 24, 2024

Festival Seni dan Budaya “Kupang Doldolu”, Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023 Siap Digelar 

-

FOTO : Konferensi pers Pemkot Kupang tentang Festival Forum KTI IX 2023 yang akan dimeriahkan dengan Festival Seni dan Budaya bertema “Kupang Doldolu”.

Kupang, lensantt.com — Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap melaksananakan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023, yang akan digelar tangga 26-27 Juli 2023 di Kota Kupang. Kegiatan Festival Forum KTI IX 2023 ini juga akan dimeriahkan dengan Festival Seni dan Budaya bertema “Kupang Doldolu”.

Hal ini terungkap dalam konferensi pers yang digelar Pemerintah Kota Kupang bersama Yayasan BaKTI dan Bank BTN Kupang di Aula Garuda Kantor Walikota Kupang, Kamis (20/7/2023). Konferensi pers dipimpin Asisten II Setda Kota Kupang, Ignas Lega, S.H, dan dihadiri PJ Branch Manager BTN Kantor Cabang Kupang, Laloria N. Pardede.

Sementara Direktur Yayasan BaKTI, Muhamad Yusril, bersama sejumlah stafnya, hadir secara virtual dari Jakarta melalui aplikasi zoom. Hadir pula sejumlah pejabat dari Dinas Kominfo Kota Kupang.

Asisten II Setda Kota Kupang, Ignas Lega, S.H pada kesempatan ini menjelaskan, karena Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023 digelar di Kupang, maka pemerintah Kota Kupang turut berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan Festival Forum KTI IX tersebut. Yaitu melalui serangkaian kegiatan, mulai dari Expo UMKM, Expo Properti, hingga pegelaran Festival Seni dan Budaya bertema “Kupang Doldolu”, pada puncak acara Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023 di hari Kamis, 27 Juli 2023.

Menurut Ignas Lega, kegiatan Expo Properti digelar Pemkot Kupang bekerjasama dengan Bank BTN Kantor Cabang Kupang. Sementara kegiatan Expo UMKM dan Festival Seni dan Budaya bertema “Kupang Doldolu”, digelar bekerjasama dengan Yayasan BaKTI dan sejumlah sponsor lainnya.

Direktur Yayasan BaKTI, Muhamad Yusril menjelaskan, Yayasan BaKTI adalah lembaga yang berfokus kepada pertukaran pengetahuan tentang program pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Salah satu program intinya adalah event berbagi pengetahuan yang dilakukan melalui pelaksananaan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI), dan tahun 2023 merupakan pelaksanaan Festival Forum KTI yang ke-9.

Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023 digelar Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT di Kota Kupang pada tangga 26-27 Juli 2023 di Hotel Harper Kupang. Karena digelar di Kota Kupang, maka Yayasan BaKTI juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Forum KTI IX 2023.

Festival ini, jelas Muhamad Yusril, memungkinkan peserta berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat local. untuk memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.

Di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia, katanya, peserta dapat mempelajari dan menyerap praktik baru yang memungkinkan mereka bekerja lebih efektif. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengenal dan membangun hubungan baik dengan para pelaku pembangunan.

Selama dua hari pelaksanaan Festival Forum KTI diharapkan akan dihadiri oleh setidaknya 1.000 peserta yang merupakan perwakilan dari prominent figure pemerintah nasional dan pemerintah daerah, serta mitra pembangunan internasional dan nasional. Selain itu, organisasi non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, pemuda, petani, nelayan, masyarakat adat, profesional, jurnalis, mahasiswa, dan pemerhati kawasan timur Indonesia.

Muhamad Yusril menjelaskan, Festival Forum KTI IX 2923 akan diisi dengan acara Panggung Inspirasi sebagai acara utama dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. Panggung Inspirasi akan menampilkan  Praktik Cerdas terpilih dari ratusan inisiatif dan inovasi pembangunan di kawasan Timur Indonesia, termasuk praktik cerdas dan model pembangunan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Acara berikutnya adalah Side Events. Dimana Festival Forum KTI akan menjadi ajang bagi pemerintah daerah dan mitra pembangunan di tingkat lokal, nasional serta internasional untuk menampilkan inovasi baru dari berbagai aktivitas pembangunan yang berhasil menjawab berbagai tantangan pembangunan. Beragam acara setelah sesi Panggung Inspirasi guna mendorong interaksi di antara pegiat pembangunan dan menawarkan berbagai kesempatan untuk berjejaring.

Selanjutnya adalah acara Galeri Informasi, yakni ruang pameran yang menampilkan beragam keberhasilan dan pembelajaran dari upaya pembangunan yang dikerjakan lembaga pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM dan komunitas, peserta Local Champion Incubator, dan program CSR sektor swasta.

Sementara acara terakhir adalah Malam Budaya. Dimana acara puncak Festival Forum KTI ini akan menampilkan pementasan budaya dari Nusa Tenggara Timur khususnya dari Kota Kupang dan Kabupaten Manggarai Barat. Kota Kupang akan menampilkan Festival Seni dan Budaya bertema “Kupang Doldolu”, sementara Manggarai Barat akan menghadirkan kuliner khas, fashion dan tenun, tari, musik hingga komoditas lokal termasuk tenun ikat, kopi dan lain-lainnya.

Bagi masyarakat NTT ini dapat menjadi bagian dari  proses interaksi regional sehingga meningkatkan kebanggaan akan budaya dan terbangun semangat untuk terus berkarya membangun daerah.

Muhamad Yusril berharap, Festival Forum KTI IX 2023 di Kupang dapat berjalan sukses dan membawa manfaat bagi masyarakat Provinsi NTT terutama masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya. Terutama dapat memotivasi masyarakat NTT, terutama masyarakat Kota Kupang untuk menjadi masyarakat yang menyebarluaskan praktik-praktik cerdas (ikz)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories