Bantu korban Banjir, Dinkes Kabupaten Malaka Buka posko di lokasi banjir

  • Whatsapp

Betun, lensattcom- untuk membantu korban banjir khususnya pada penanganan kesehatan Dinas kesehatan kabupaten malaka bekerjasama degan Puskesmas Besikama membuka Posko Pelayanan Kesehatan di lokasi Banjir tepatnya di desa Motaain-Kecamatan Malaka Barat.

kepala puskesmas besikama Yohanes Blegur saat ditemui awak media ini Jumat 2/3/2018 mengatakan  sejak kamis kemarin Kita sudah membuka Posko pelayanan didesa motaain pasca banjir yang melanda desa motaulun dan desa motaain pada 28/2/2018 kemarin.

John,lanjutnya, Kita membentuk posko di desa motaain karena wilayah desa motaain letaknya jauh dari puskesmas.agar bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.sedangkan desa motaaulun wilayahnya dekat dengan puskesmas besikama serta bisa dijangkau dalam waktu beberapa menit dengan menggunakan kenderaan roda dua.

Posko tersebut lanjutnya,akan dijaga dua orang tenaga kesehatan,masing-masing seorang bidan dan seorang perawat serta dibantu oleh tenaga dokter dan tenaga medis lainnya dari Puskesmas Besikama.

Kita tidak hanya menempatkan tenaga kesehatan di posko tersebut tetapi kita sudah bekali dengan obat-obatan serta peralatan lain yang cukup memadai.

Kita juga sudah menyiapkan Kaporit untuk sterilisasi terhadap tujuh puluh enam Sumur milik masyarakat yang ada didesa motaain yang terdiri dari 29 sumur permanen, 17 sumur bor serta 30 sumur darurat.Namun belum bisa dilakukan karena sebelum diberi kaporit harus disedot, sementara kondisi banjir belum memungkinkan untuk disedot.

“Petugas kita juga sedang melakukan sosialisasi di lokasi banjir agar masyarakat tetap mengkonsumsi air bersih guna menghindari penyakit diare dan gatal-gatal ”

Sesuai catatan kami ada delapan ibu hamil yang akan melahirkan dalam bulan maret ini, kita tetap melakukan pemantauan terhadap mereka”pungkasnya.(Dede)

Komentar Anda?

Related posts