Monday, July 22, 2024

Amsal 3 : 19 – 26 Mengelola Alam dengan Hikmat

-

Wejangan hikmat raja Salomo yang penting untuk kita lakukan dalam mengelola alam ini :

1. Salomo mengajak kita untuk melihat keagungan ciptaan Tuhan. Kita bukan hanya melihat tapi harus memeliharanya dengan segenap hati. Pengakuan Salomo ini tidak bisa dilepaskan dari awal penciptaan dunia bahwa pada awalnya dunia itu gelap dan tidak terbentuk. Namun dalam 7 hari ALLAH bekerja menciptakan segalanya sehingga dunia ini terbentuk dengan sangat baik dan kita menikmati keindahan alam sampai saat ini.

2. Salomo mengungkapkan bahwa Allah memelihara dunia ini dengan sangat baik. Setiap pagi kita masih bisa melihat embun pagi ketika kita bangun. Itu artinya Allah masih memberikan kita kehidupan. Setetes embun itu sangat berguna bagi kehidupan kita.

3. Salomo mengungkapkan nasihat untuk hidup berdasarkan hikmat Allah. Dari semua ciptaanNya, hanya manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah bahkan Allah menambahkan hikmat bagi manusia. Hikmat itulah yang membuat manusia istimewa diantara semua ciptaan. Karena itu kita harus mampu memelihara dan mengembangkan hikmat itu dengan baik. Caranya adalah kita harus membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan.

Ada tujuan mulia Allah menyuruh kita memelihara alam ini agar anak cucu kita atau keturunan kita bisa menikmati alam sama seperti yang kita nikmati.

Dalam situasi dunia sekarang, kita diingatkan oleh Firman Tuhan untuk berhikmat dan mari mengelola dan memelihara alam ini karena alam ini diciptakan oleh Tuhan dengan sangat baik.

Kiranya Tuhan memberkati kita dengan FirmanNya. Amin

Khotbah : Pdt. Maria Monalisa Fanggidae – Dethan, M.Th

 

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories