Kupang–antusias para pembalap sepeda sangat tinggi untuk mengikuti ajang Tour de Flores terbukri pada bulan April lalu pembalap masih berjumlah 200 orang, kini meningkat dua kali lipat menjadi 400 orang.

Ratusan pebalap tersebut akan tiba di start dari Larantuka, Flores Timur pada 18 Mei 2016. Mereka akan menempuh jarak 661,5 kilometer melewati lima etape di lima kabupaten.

“Di setiap etape, para pebalap akan menginap selama satu malam,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Wely Rohimone kepada wartawan di Kupang, Senin (9/5/2016).
Sedangkan negara asal peserta yang sebelumnya dilaporkan berjumlah 30 negara, berkurang jadi 20 negara.

Wely mengatakan seluruh pebalap akan tiba di Lewoleba, Kabupaten Lembata pada 16 Mei 2016 untuk mengikuti touring yang digelar pemerintah kabupaten setempat. Dari sana, mereka naik kepal ke Larantuka untuk memulai start. Sebelum tiba di Flores, seluruh peserta akan mengikuti ajang balap sepeda internasional Tour de Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pelepasan peserta dijadwalkan dilakukan oleh Gubernur Frans Lebu Raya. Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyambut peserta Tour de Flores saat finis di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. “Nanti di setiap etape ada menteri yang menyambut,” ujarnya. (ikz/lintasntt.com)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here