Tuesday, July 23, 2024

105 Bayi Di NTT Terifeksi Hiv dan Aids

-

Kupang, lensantt – Dari  data yang diperoleh oleh Komisi penanggulangan Aids (KPA) provinsi NTT sedikitnya 105 bayi di NTT telah terinfeksi HIV dan Aids dari jumlah tersebut sebagian besar berada di Kota Kupang dan Kabupaten Belu,” Jumlah yang kami dapat itu dari hasil VCT,” demikian disampaikan Ketua KPA provinsi NTT Dr. Husein Pancartius saat membawa sambutan pada acara natal KPA kota kupang Rabu (7/01).

Menurut dia, jumlah terebut kemungkinan akan bertambah karena 105 orang bayi yang terdata itu karena hasil VCT yang dilakukan di dua tempat itu sedangkan dikabupaten lain tidak ada VCT karena peralatan yang terbatas.

ia menegaskan, jumlah pegidap HIV dan Aids di NTT dari tahun ke tahun semakin bertambah hal itu dibuktikan pada tahun 2014 lalu jumlah penderita HIV dan Aids sebanyak 3041 kasus,”Ini yang berhasil kami data tapi masih banyak yang tidak terdata,” ungkapnya.

Untuk menekan angka pengidap Hiv dan Aids  KPA Provinsi NTT telah  membentuk kader peduli HIV dan Aids ditingkat pedesaan maupun kelurahan karena sebagian besar pengidap penyakit mematikan ini berasal dari desa.

Ketua KPA NTT ini juga meminta agar, seluruh masyrakat di NTT segara melakukan Test VCT sehingga dapat mengetahui statusnya apakah sudah terinveksi penyakit ini atau belum,”semua manusia bisa terinveksi virus Hiv dan Aids,” katanya (ikzan)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories