Sunday, July 21, 2024

Wali Kota Serahkan Kunci Rumah RISHA Bagi 173 KK Korban Seroja

-

Kupang,lensantt.com -Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH, menyerahkan kunci rumah instan sederhana sehat (RISHA) kepada 173 kepala keluarga yang menjadi korban terdampak badai siklon tropis seroja April 2021 lalu. Penyerahan berlangsung di lokasi pekerjaan pembangunan hunian tetap RISHA di Kelurahan Manulai II, Jumat (5/8).
Dalam sambutannya Wali Kota minta kepada para penerima rumah bantuan tersebut untuk menjaga dan merawatnya secara baik. Kepada warga terdampak yang belum beruntung menerima bantuan rumah tersebut, Wali Kota minta untuk bersabar. Menurutnya Pemerintah Kota Kupang saat ini terus berjuang untuk menyediakan tanah bagi pembangunan rumah bantuan untuk korban badai siklon tropis seroja. Tanah yang dimiliki Pemkot saat ini sebagian belum memiliki sertifikat, sehingga harus disertifikasi dulu baru bisa diserahkan untuk dibangun rumah bagi warga terdampak yang belum kebagian bantuan. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia,  melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara II sudah menyatakan kesediaan untuk membantu, dalam bentuk bantuan reguler.
Pada kesempatan yang sama, Wali Kota menyampaikan dirinya memiliki harapan agar lokasi perumahan yang baru ini memiliki sarana transportasi angkutan umum berupa bus. Agar warga tidak mengalami kesulitan untuk beraktivitas di luar rumah. Untuk itu harapan ini dititipkannya kepada dinas teknis untuk dianggarkan sehingga dapat disediakan dalam waktu dekat. Kepada Lurah Manulai II, Wali Kota juga minta untuk sesegera mungkin membantu mengurus administrasi kependudukan warga baru di wilayahnya, yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari warga penerima di lokasi tersebut.
Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara II, Yublina Dila Bunga, ST,MT, pada kesempatan yang sama menyampaikan dari usulan 328 kepala keluarga yang terdampak seroja, pihaknya baru bisa membangun 173 unit RISHA dikarenakan keterbatasan lahan yang disediakan Pemkot Kupang.  173 rumah itu tersebar di 4 bidang tanah milik Pemkot Kupang di wilayah Kelurahan Manulai II. Menurutnya Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya sekedar membangun rumah untuk menggantikan yang rusak, tapi rumah yang mereka bangun dipastikan lebih baik dan aman serta tangguh terhadap bencana.
Kepada para penerima bantuan dia mengimbau untuk merawat rumah yang mereka terima dan melakukan penghijauan sehingga lingkungan mereka jadi lebih asri. Dia juga minta kepada para penghuni untuk bersama pihak kelurahan membentuk badan pengelola yang menangani sampah  dan memelihara fasilitas umum yang sudah dibangun. (Ikz)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories