Wajib Kantongi Hasil Rapid test/SWAB Saat Bepergian, Ratusan Kendaraan dan Penumpang Tertahan di Batu Putih

  • Whatsapp
So’e, lensantt.com – Dalam rangka menjalankan instruksi presiden terkait larangan mudik dan juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna pengendalian Covid 19, Pemda TTS melakukan penjagaan secara ketat di Pintu masuk Batuputih terhitung mulai tanggal 6-17 Mei 2021.
Kondisi di Batu Putih TTS
Bupati TTS Egusem Pieter Tahun saat  dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan Pemda hanya  menjalankan perintah presiden terkait larangan mudik dan  PPKM mulai  tanggal 6-17 Mei 2021.
“Kami hanya jalankan perintah perintah presiden sehingga akan dilakukan pengawasan secara ketat.
Bagi masyarakat yang melintas pintu masuk/keluar Batuputih wajib membawa  surat hasi  rapit test/swab atau sertifikat vaksin Covid 19″, ujar Epy.
Kondisi di pintu masuk batu putih saat malam
Menurutnya Pemda, ini adalah  himbauan nasional sehingga wajib ditaati, jikalau  ada pelanggaran silahkan berhadapan dengan aparat.
Rencananya penjagaan dilakukan  1x 24 melibatkan Tim gabungan terdiri  TNI Polisi, BPBD, Pol PP dan Dinas Kesehatan.
Dandim TTS Letkol CZI Koerniawan Pramulyo dikonfirmasi mengatakan,Satgas Covid-19  melaksanakan Instruksi presiden tentang pelarangan Mudik terhitung sejak 6 Mei 2021 sd 17 Mei 2021 karna itu  tim gabungan menjaga pintu masuk Batuputih.
Kegiatan ini di maksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah TTS yang direncanakan penjagaan berlaku  1 X24 Jam yang mana untuk pengamanan Idul Fitri ini Kodim 1621/TTS siagakan  47 Personil.
Dikatakan, untuk larangan mudik tidak berlaku bagi Orang yang berobat/sakit, menjenguk keluarga kedukaan, Perjalanan Dinas bagi ASN harus dilengkapi dengan Cap Basah dari Eselon II, Kehamilan/Melahirkan, Mobil-mobil barang, Pengangkut BBM dan lain lain.
Secara pribadi himbauan  saya sejalan dengan arahan Presiden karna itu mari kita sama sama menjaga diri kita dan keluarga kita dari Covid-19, dimana Varian yg berbahaya dari Inggris, India dan Afrika Selatan sudah masuk.
Jangan sampai Negara kita menjadi seperti India,saya minta kita Patuhi protokol kesehatan dan larangan mudik”,ujarnya.
Kapolres TTS AKBP Andre Lebrian sebelumnya pada Kamis tanggal 6/5/2021 dikonfirmasi tentang larangan mudik mengatakan di Kabupaten TTS tetap diterapkan larangan mudik guna mencegah virus Covid 19.
Setiap orang yang hendak bepergian keluar wajib menunjukan surat rapit/swab dan sertifikat vaksin.
Pantauan media ini jumat 7/5/2021, banyak kendaraan roda dua maupun roda empat terpaksa harus berbalik dan membatalkan niat mereka menuju kupang.
Ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat dan penumpang tujuan Kupang maupun arah sebaliknya tertahan di pos batas Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Kupang.
Penulis… Erick Hello,
Editor…  Izak kaesmetan.

Komentar Anda?

Related posts