Kupang,lensantt.com- Pandemi Covid-19 benar-benar mengoyak ekonomi masyarakat. Bagaimana tidak pendapatan menurun sedangkan kebutuhan kian meningkat.

Saat-saat seperti inilah masyarakat membutuhkan uluran tangan dari semua steakholder terutama dari pemerintah dan juga partai politik.

Dari begitu banyak partai poitik, Demokrat yang benar-benar getol memberi bantuan langsung kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19.

Sebenarnya bukan soal banyaknya jumlah bantuan. Namun diberikan pada saat yang tepat. Startegi inilah menjadi “mainan” partai berlambang mercy ini.

Sudah berulang kali partai demokrat menjalankan misi kemanusiaan tersebut. Hampir disemua pelosok negeri sudah dijamah oleh partai Demokrat.

Salah satunya Kabupaten Kupang-NTT, Melalui Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kembali memberikan bantuan kepada warga kabupaten kupang.

Memperingati dua dekade Partai Demokrat,  DPC Kabupaten Kupang bertandang ke Panti Asuhan Yapi bertempat

Bagi Partai Demokrat, arahan Ketua Umum AHY bahwa bulan agustus adalah bulan bakti demokrat untuk terus membantu rakyat.

“Hari ini kami melakukannya dalam thema kegiatan demokrat berbagi kasih, kasih yang kami bagikan ini dengan mengunjungi dua panti asuhan di Kecamatan Kupang Tengah, yakni Panti Asuhan Yapi dan Panti Asuhan Ceria, ada 50 anak panti yang kami temui,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang Winston Neil Rondo.

Mantan Ketua Pemuda Sinode GMIT ini memimpin langsung aksi berbagi kasih ini dengan menyerahkan secara langsung bantuan sembako, berupa beras, telur, mie instant, susu, vitamin c dan masker kepada anak-anak panti asuhan.

Ia mengatakan bahwa, bantuan tersebut tidak seberapa namun ini merupakan murni sumbangan kader partai demokrat.

“Tujuan kami meringankan beban yang dihadapi oleh anak-anak panti terutama dalam situasi pandemi covid,” kata Winston.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC menyampaikan bahwa, kegiatan ini memberikan kesan mendalam bagi Partai Demokrat dalam rangka menyongsong HUT ke-20.

“Bagi DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, ini merupakan sesuatu yang luar biasa, karena dalam keterbatasan, kami bisa membantu anak-anak panti asuhan sekaligus mendapat doa, itu merupakan suatu kebahagiaan luar biasa dan besar sekali nilainya bagi kami,” katanya lagi.

Mantan Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTT ini berpesan kepada anak-anak panti asuhan agar tetap semangat, rajin belajar dan teguh berdoa sekalipun masih dalam situasi pandemi covid, Baginya, kehadiran Partai Demokrat Kabupaten Kupang hari ini karena teringat akan dua panti asuhan tersebut, karena pada dua tahun yang lalu juga dikunjungi Partai Demokrat dan melakukan perayaan natal bersama dengan anak panti di tempat ini.

“Ini bermula ketika kami di DPC mendiskusikan kegiatan terkait bulan bakti demokrat dan secara khusus berbagi kasih dalam bentuk sembako, lantas teman-teman pengurus DPC langsung mengusulkan agar DPC kembali menjumpai anak-anak panti asuhan yang merupakan bagian dari keluarga besar Partai Demokrat di sini,” ujarnya.

Baca Juga :  Paket Deno-Mandur Kantongi SK DPP 4 Partai

Kegiatan ini merupakan aksi perdana, pada pekan mendatang, DPC Partai Demokrat merencanakan kegiatan Bina UMKM di Kabupaten Kupang, mereka berencana untuk memberikan bantuan modal usaha bagi tiga puluh penjual sirih pinang keliling, “ada sekitar 30 anak muda yang kesehariannya masuk keluar kampung menjual sirih pinang, kami mau jumpa dan silahturahmi dengan mereka untuk menyerahkan langsung bantuan demokrat, ini akan dilakukan diwaktu mendatang,” urai Winston

Kegiatan lainnya yang akan dilakukan dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-20 ini adalah ibadat syukur bersama pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat.

Rangkaian kegiatan ini, Partai Demokrat ingin memberi pesan dan kesan bahwa, sebagai partai yang sudah berusia 20 tahun, dalam sukacita menyongsong HUT ini, Partai Demokrat memberi kesan mendalam bahwa partai ini tidak hanya bersukacita karena sudah berusia 20 tahun, tetapi lebih dari itu.
“kami ingin Partai Demokrat lebih sanggup untuk berbagi dengan sesama, sekecil dan sesederhana apapun, kita harus selalu bisa berbagi, itu yang menjadi amanat utama dari Ketua Umum Partai Demokrat, mas AHY kepada seluruh kadernya,” pungkas Winston.

Terima Kasih Demokrat

Rasa syukur tak terhingga disampaikan langsung oleh Ace Loupaty selaku kepala panti asuhan Yapi.” Terima kasih,” Ucapnya singkat.

Ia salut dengan Demokrat karena menjadi Partai yang peduli dengan masyarakat terdampak pandemi.

Ia mengaku, Bantuan ini sangat membantu membantu penghuni Panti Asuhan apalagi bantuan dalam bentuk sembako ini.

Dimasa sulit ini kata dia,  bantuan sekecil apapun menjadi sangat berarti.”Bantuan iji sangat berarti,” tegasnya.

DPC Demokrat Bantu Korban Banjir

Sebelumnya, DPC Partai Demokrat Kabupaten sudah melakukan aksi peduli dan berbagi membantu korban badai seroja di Taklale, Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, kamis (15/4/2021). Partai Demokrat membagikan paket sembako kepada 30 Kepala Keluarga di RT 27 dan sekitarnya di Taklale.

 

Foto bersama pengurus DPC Demokrat Kabupaten Kupang dengan Penerima bantuan

Sebagai salah satu RT yang dilanda banjir bandang, di lokasi tersebut rombongan Partai Demokrat yang dipimpin langsung Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo melihat langsung tempat tersebut, Partai Demokrat mendapati tujuh rumah yang rata dengan tanah dan hanya menyisakan fondasi, “lokasi tersebut benar-benar mengalami dampak serius, rumah-rumah yang masih utuh juga terendam air yang tingginya 2 setengah meter, jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi hari minggu itu betul-betul sangat luar biasa,” ujar Winston.

Masyarakat di lokasi tersebut sudah mulai berbenah mengemas barang-barang dan mencari barang yang hilang, bahkan sudah ada masyarakat yang membangun rumah darurat namun masih ada juga yang masih tinggal bersama keluarga, mereka mengeluhkan makan, minum dan air bersih yang sangat kesulitan, hal ini karena hasil panen yang terbawa banjir dan sumur yang semuanya tercemari oleh lumpur yang dibawa oleh banjir.

Baca Juga :  KPU Kota Kupang Temukan KTP Ganda Untuk Calon Independen

Sehingga masyarakat berharap dukungan pemerintah untuk membantu membangun perumahan khususnya bagi tujuh keluarga yang rumahnya hilang ditelan banjir, di lokasi tersebut hadir langsung bersama demokrat lurah Babau dan Ketua LPM Babau, dalam pertemuan tersebut, Ketua LPM Agus Takengkeng menyampaikan terima kasih untuk kehadiran dan perhatian Partai Demokrat dirinya mengapresiasi Partai Demokrat sebagai partai pertama yang membawa anggota DPRD nya untuk melihat kondisi mereka.

Dirinya mrengharapkan agar Partai Demokrat mendorong pemerintah agar membantu bantuan pangan, pakaian layak pakai, air bersih juga adanya pemeriksaan kesehatan karena sudah ada masyarakat yang mengalami sakit.

Di lokasi tersebut Partai Demokrat membagikan paket sembako, masker dan multi vitamin. Dalam kesempatan ini Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang Winston Neil Rondo mengatakan bahwa Partai Demokrat konsisten berkoalisi dengan rakyat, Partai Demokrat ingin menegaskan bahwa partai tersebut datang bukan hanya saat pilkada atau pemilu, tetapi dalam setiap persoalan dan kesusahan yang dialami masyarakat. Menurut Winston, mungkin hal yang berikan Partai Demokrat belum seberapa tetapi ini pemberian tulus untuk memastikan kita hadir dalam penderitaan yang rakyat alami.

Hadir dalam kesempatan tersebut anggota Fraksi Partai Demokrat Ursula Totos dan Jenry Oematan. menurut Jenri Oematan sebagai anggota DPRD dapil Kupang tengah dan kupang Timur, kegiatan ini merupakan bentuk silahturahmi politik kekeluargaan karena masyarakat di daerah tersebut merupakan bagian dari keluarga, sehingga harus diperjuangkan untuk mereka mendapat bantuan rumah layak huni dan air bersih, dirinya berkomitmen untuk berdiri paling depan membela kebutuhan mereka.

Khusus wilayah Kecamatan Kupang Timur yang dilanda bencana paling besar dan berdampak serius, Kelurahan tersebut merupakan desa ke empat yang di support Partai Demokrat, “sesaat ketika terjadi bencana, kami sudah membantu masyarakat dalam bentuk Sembako dll di Desa Tuapukan, dusun Olio, kelurahan Merdeka dan Desa Tanah Putih, kami juga sudah meberikan dukungan di posko Airkom di kelurahan Naibonat, “ urai Jenry.

Partai Demokrat mengagendakan akan melakukan aksi peduli dan berbagi di Ujung Timur terjauh di Kabupaten Kupang, yaitu di Kecamatan Amfoang Timur, yakni di Oepoli, pada sabtu (17/4/2021), ada lima desa yang akan dikunjungi Partai Demokrat, “kami dengar akses darat sudah bisa dilalui oleh bis dari Eban TTU, kami bertekad untuk mengantar langsung ke sana, ini dukungan Partai Demokrat kepada masyarakat dan gereja yang terdampak langsung,” Kata Winston.

Perlu diketahui bahwa giat aksi Partai Demokrat Peduli dan Berbagi telah menjangkau empat kecamatan yaitu di Takari, Amarasi Barat, Kupang Timur dan Kupang Barat dan Kecamatan kelima yang akan dikunjungi adalah Amfoang Timur dan akan dilakukan kunjungan lanjutan ke Amfoang Barat laut.

Penulis : Iaak Kaesmetan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here