Saturday, July 20, 2024

Puluhan TKI Ilegal Diamankan Sat.Pol.PP NTT

-

Kupang,lensantt -Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu (05/02) berhasil mengamankan puluhan orang yang diduga akan diberangkatkan ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal. Puluhan orang tersebut diamankan saat SatPol PP Provinsi NTT saat menggelar  razia di Oesao, Kabupaten Kupang, Rabu (4/2/2015)  Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Provinsi NTT, Johanes Hawula  menjelaskan, sebanyak 32 orang itu diamankan berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat di beberapa desa bahwa akan ada rencana pemberangkatan TKI. Berdasarkan informasi Lanjut dia, Pihak Sat.pol.PP Provinsi NTT langgsung menggelar Operasi.

“Saat mendapat informasi kami langsung lakukan operasi ,” kata Jhon Hawula.

Ia mengatakan, ke-32 orang tersebut rencananya akan diberangkatkan dengan menggunakan KM. Humsini menuju kalimantan. Para TKI Ilegal ini kata hawula, ditangkap tidak secara bersamaan, karena mereka menggunakan kendaraan yang berbeda. Ia menambahkan, pada saat pemeriksaan di lokasi razia ada yang tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), bahkan ditemukan pula anak di bawah umur yang juga diduga akan diberangkatkan menjadi tenaga kerja di luar negeri.

Dia mengaku, sebenarnya pihak Pol.PP Provinsi NTT tidak pernah melarang semua masyarakat NTT untuk mencari pekerjaan diluar asalkan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, “Ini yang harus kita cegah, karena saat ini aksi pemberangkatan tenaga kerja secara ilegal juga marak terjadi,” tegasnya.

Hawula menambahkan, setelah diperiksa di Kantor Satpol PP NTT, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigarsi Provinsi NTT untuk diproses lebih lanjut.

Sementara itu,  TKI. Yanuarius Seran, pemuda asal Desa Foremodok, Kabupaten Belu ini mengaku kalau dirinya bukan calon TKI ilegal karena tujuan perjalanan ke Kupang untuk mengunjungi  keluarga. “Saya memang tujuan datang ke Kupang,” ungkapnya. (Ikzan)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories