Wednesday, July 24, 2024

PERINGATAN 50 TAHUN PEMBUNUHAN KENNEDY

-

Lensantt.com,- Amerika Serikat memperingati 50 tahun terbunuhnya Presiden John F Kennedy di Dallas, Texas.Kennedy, yang menjabat kurang dari tiga tahun, sering dianggap sebagai salah satu presiden AS yang paling dihormati.

Dia baru berusia 46 tahun ketika meninggal. Kennedy dipuji karena semangat mudanya, kepemimpinannya melalui krisis rudal Kuba dan visinya untuk menempatkan manusia di Bulan.

Tapi dia juga diingat atas salah satu episode terburuk dari Perang Dingin, yaitu kegagalan invasi Teluk Babi di Kuba oleh pasukan paramiliter CIA terlatih – yang berasal dari warga Kuba di pengasingan.

Anggota keluarga Kennedy meletakkan karangan bunga di makamnya di Arlington National Cemetery di dekat Washington DC pada hari Jumat. Istrinya Jackie dan dua anak-anak mereka juga dimakamkan di sana.

Masa kelam

Presiden Barack Obama mengeluarkan perintah pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih, US Capitol, dan gedung-gedung pemerintah lainnya.

“Hari ini, kita menghormati dia dan merayakan jejak abadinya pada sejarah Amerika,” katanya.

Di antara acara resmi di Dallas pada Jumat (22/11), simfoni orkestra berkumandang dan lonceng dibunyikan pada menit kematian Kennedy. Massa memadati upacara yang dilangsungkan di Dealey Plaza, di mana presiden ditembak.

“Pria yang kita kenang hari ini memberi kita hadiah yang tidak boleh disia-siakan: kesempatan untuk belajar bagaimana menghadapi masa depan ketika terlihat paling gelap dan paling tidak pasti,” kata Walikota Dallas Michael Rawlings..

ejarawan dan penulis David McCullough membaca beberapa kutipan Kennedy yang paling terkenal, termasuk: “Kita membutuhkan orang-orang yang bisa memimpikan hal-hal yang tidak pernah ada, dan bertanya: mengapa tidak?”

Pertama yang terekam

Pada 22 November 1963, Kennedy dan istrinya bepergian ke Dallas untuk kampanye awal menyusul pemilu tahun depan.

Kerumunan pendukung berbaris di jalan-jalan untuk melihat sekilas wajah pasangan itu. Selagi iring-iringan presiden memasuki Dealey Plaza pada sekitar pukul 12.30 waktu setempat, mobil atap terbuka Kennedy melewati Texas School Book Depository.

Ketika itu suara tembakan terdengar. Peluru mengenai kepala dan leher presiden. Setengah jam kemudian, Kennedy dinyatakan meninggal di rumah sakit setempat.

Dia adalah presiden AS keempat dibunuh saat menjabat, tetapi yang pertama yang kematiannya terekam dalam film. Segera setelah itu, Wakil Presiden Lyndon Johnson dilantik sebagai presiden. (Iksan)

Sumber : BBC Indonesia

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories