Menia, lensantt.com –  Kadis Pendidikan Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahrga (PKKO)  Sabu Raijua Dra. Rachel Billik Tallo, M.Si angkat bicara soal status Kepala Sekolah SD Negeri Keliha.
Menurut dia, Status Paulina hanya PLT dengan kewenangan terbatas. Dan  yang bersangkutan kata dia berstatus sebagai seoarang sarjana S.Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
“Yang bersangkutan hanya PLT dengan kewenangan terbatas dan Paulina itu seorang Sarjana,” Kata Dra. Rachel Billik Tallo, M.Si kepada media ini Selasa, (10/05/2022).
Tugas sebagai PLT dilakasankan oleh Paulina hanya berjalan kurang lebih selama 3 bulan untuk mengisi kekosongan karna pemimpin yang lama sudah mengkhiri masa tugasnya (pensiun).
Ia juga menegaskan, kalau Paulina Kota Dimu merupakan PNS aktif hal itu dibuktikan dengan Paulina Kota Dimu, S.Pd pemegang Nomor Induk Pegawai (NIP)  197909192014062008 berpangkatvPenata Muda,III/a.
“Ini membuktikan Paulina itu PNS bukan seperti yang beredar di medsos,” tegasnya.
“Kalau riwayat pendidikan maka dia diangkat lewat jalur K2  dengan ijasah SMA dan telah menyelesaikan pendidikan S1 , dengan gelar SPd .SD,”  jelasnya.
Perintah sebagai PLT juga tertuang dalam Surat Edaran Bupati Sabu Raijua, Nomor: 800 / 118 / BKDPP dengan dasar pertimbangan  SR/II/2021, tanggal 26 Februari 2021, tentang Optimalisasi Tugas ASN dalam Mendukung Kinerja Organisasi/Unit Kerja dan mengisi kekosongan Kepala Sekolah karena Pensiun.
Dalam surat tersebut Pauliana menjabat terhitung Mulai Tanggal 01 Maret 2022, di samping sebagai jabatan guru juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SD Negeri Keliha, sampai dengan dilantiknya Kepala Sekolah Definif; 2. Melaksanakan perintah ini dengan saksama dan penuh tanggung jawab.
” sebenarnya ini jelas dia bukan kepala sekolah definitif hanya PLT dan yang bersangkutan sarjana,” tegasnya.
Ia kembali menegaskan yang bersangkutan, bukan diangkat tapi hanya melalui surat perintah sebagai PLT.
” Jadi dia bukan  diangkat menjadi kepala sekolah tetapi dia diperintahkan untuk melaksanakan tugas kepala sekolah selama 3 bulan menunggu sampai dilantiknya kepala sekolah definitif,” ucapnya.
Sebagai kadis ia tidak mengangat Paulina sebagai Kepala Sekolah.
. “Jadi tidak ada SK Kepala Sekolah , yang ada hanya surat perintah pelaksana tugas, ,” tegasnya.
Paulina saat ini  sudah melalukan penyesuaian ijasah sehingga pangkat / golongannya menjadi IIIa.
“Ia sudah diangakat dan menyesuaikan ijazahnya,” kata dia.
Tugas PLT sangat terbatas diantaranya,
Pelaksana Tugas tidak berwewenang mengambil keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan à status hukum pada aspek Organisasi, Kepegawaian dan Alokasi Anggaran;
Selain itu, Yang dimaksudkan dengan keputusan dan/atau tindakan yang bersifat “strategis” adalah keputusan dan/atau tindakan yang memiliki dampak besar seperti penetapan perubahan rencana strategis dan rencana kerja pemerintah. (Ikz)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here