So’e, lensantt.com- Pemilihan Calon Kepala Desa ( Cakades)  Fatumnasi Dihelat 17 Juni mendatang.
Sejumlah kader potensial ikut bertarung dengan tujuan membangun desa dengan Ikon utamanya adallah pariwisata itu.
Dari sejumlah nama, ada Yanto Liu putra asli Fatumnasi yang dengan ketulusan ingin membawa Desa Fatumnasi satu langkah lebih maju.
Jika dilihat dari track record Yanto Liu tak perlu diragukan. Pasalnya, pemuda rendah hati ini sudah malang melintang di dunia pelayanan.
Ada ide cemerlang yang ia sajikan demi kemajuan Desa Fatumnasi. Diantaranya, Mewujudkan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik dan  Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat melalui Pemekara.
Yanto yang punya motto hidup “saya datang untuk melayani bukan untuk dilayani” Dan “Saya butuh/minta selember tikar untuk duduk bersama bukan kursi mewah untuk duduk sendiri”
“Saya itu pelayan, ” kata Yanto Kamis, (12/05/2020).
Dengan misi BERSAMA MEMBANGUNAN DESA FATUMNASI MELALUI TATA KEL PEMERINTAHAN YANG BERSIH, TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN PARTISIPATIF MENUJU DESA SEJAHTERA MANDIRI DAN BERBUDAYA
Ia akan Mewujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana,cepat,tepat dan tegas. Mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan Desa.
Bukan hanya itu ia juga bertekad,  Meningkatkan kesehatan, kebersihan dilingkungan Desa.Meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes.
 Meningkatkan Sarana prasarana dari segi pendidikan, agama dan infrastruktur
Jalan, Air & Rumah yang layak. 8. Mengedepankan kejujuran, keadilan dan transparansi dalam pemerintahan desa.
Ada beberapa program kerja yang dilakukan jika mendapat kepercayaan dari masyarakat seperti, Pemerintah Desa merupakan unit terkecil dari p permasalahan dimulai dari desa. Untuk itu pemerintah an rus so amanah dan ramah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.
Ia berjanji,  Mengedepankan kejujuran, keadilan dan transparansi dalam pemerintahan desa.
Dibidang pemerintahan, Pemerintah Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan Nasional,permasalahan dimulai dari desa. Untuk itu pemerintah desa harus solid, akunt
Amanah dan ramah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.Untuk mencapai hal tersebut diatas dan meciptakan pemerintahahn yang bai beberapa hal :
Ia juga akan melakukan,  Pembenahan Aparatur Pemerintah Desa; Aparatur Pemerintah Desa Fatumnasi perlu dilakukan pembinaan agar masi
dapat berfungsi sesuai Tugas Pokok masing-masing. 2. Peningkatan Pelayanan Publik;
Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat.elayanan sesuai kebutuhan dengan tidak membedakan status dalam masyarakat
Ia menjelaskan, Desa Fatumnasi merupakan desa yang wilayahnya sangat luas jadi unt pelayanan kepada masyarakat lebih baik, harus melakukan pemekaran De kepada masyarakat menjadi lebih mudah dijangkau.
Transparansi Keuangan juga dilakukan
Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Kepala Desa dan Pera keuangan harus transparan.
 Transparan keuanggan yang dimaksud adalah d harus mengetahui sumber keuangan yang didapat dengan pengalokasian kepada masyarakat melalui musyawarah Perencanaan dan Pertanggungj Dusun.
Ia mengatakan, embangunan pada hakekatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu. Baik menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat seperti: 1. Pembangunan sarana dan prasanana kesehatan;
Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, Pembangunan Jalan untuk meningkatkan ekonomi,  Pembangunan sarana Air Bersih, Pembangunan rumah yang layak huni bagi masyarakat,  Pembangunan sarana olahraga;
Sebagian besar penduduk Desa Fatumnasi adalah petani dan peternak, untuk i masalah pertanian dan peternakan harus mendapat perhatian serius yang perlu ditata yakni, Penyuluhan kepada petani dan peternak, Membentuk dan memfasilitasi serta mengoptimalkan melaui pembentukan.
 Memberikan bantuan bibit ternak kepada kelompok masyarakat. BIDANG INDUSTRI KECIL TINGKAT DESA
Industri kecil tingkat desa merupakan potensi untuk meningkatkan ekonomi masy
mengurangi angka pengangguran bagi pemuda desa seperti, Bantuan alat Pertukangan,Bantuan alat perbengkelan, Bantuan alat dan bahan bagi Pengrajin tenun ikat. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
Bidang sosial kemasyarakatan meliputi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah lembaga masyarakat
pengembangan partisipasi dan gotong royong yang perlu difungsikan di Desa
 RT dan RW merupakan pemimping yang paling bawah dan paling dekat dengan masyarakat yang perlu tingkatkan kesejahteraannya agar dapat menyelesaikan permasalaha 3. Lembaga Adat adalah lembaga masyarakat menggerakan pengembangan.
istiadat yang perlu difungsikan di Desa juga Karang Taruna merupakan generasi muda yang perlu di bentuk karena menjadi ujung tombak pembangunan di Desa.
 PKK juga merupakan lembaga yang perlu diaktifkan agar dapat membina ibu-ibu untuk mendukung pembangunan di Desa yang lebih baik: 6. BUMdes adalah Badan Usaha Milik Desa yang perlu dibentuk dan diti meningkatkan PAD.
Visi dan misi serta program kerja tersebut diatas masih sangat kurang dan belum len elengkapinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) apabila kpala Desa.
Untuk itu pada kesempatan ini ia mohon doa dan restu serta dukungan
Masyararakat pada umumnya. Kiranya melalui visi dan misi serta program kerja ini dapa pirasi masyarakat Desa Fatumnasi.
Melihat program cerdas ini maka harusnya Yanto Liu sebagai orang muda dan juga putra daerah harus diberi kepercayaan. (Ikz)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here