Monday, July 22, 2024

Matius 24 : 37- 44 “Berjaga-Jaga dan Siap Sedia”

-

Menunggu adalah penantian yang sangat membosankan. Bagi semua orang, penantian atau menunggu itu hal yang sangat tidak disukai. Apalagi menunggu hal yang belum pasti. Namun tidak dengan menunggu kedatangan Tuhan.

Bacaan ini bercerita tentang akhir zaman. Dimana Tuhan Yesus mengingatkan murid-murid untuk tidak boleh lelah dalam penantian. Akhir zaman akan terjadi dan Yesus pasti akan datang. Kita semua diingatkan bahwa akan terjadi sesuatu yang dahsyat menjelang Yesus datang kembali. Banyak peristiwa yang akan terjadi dan akan ada tanda-tanda alam. Misalnya matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak lagi bersinar. Bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan akan ada banyak nabi-nabi palsu.

Karena itu kita diharapkan senantiasa berjaga-jaga dalam menantikan Tuhan. Mengapa kita harus berjaga-jaga ?

1. Masa kedatangan Yesus adalah masa penghakiman dari Allah. Seperti halnya pada zaman Nuh dimana Tuhan menghakimi manusia dengan air bah karena segala kejahatan yang mereka lakukan. Sedangkan Nuh dan keluarganya diselamatkan karena ia sangat setia kepada Allah dan terus bertekun. Kisah ini menggambarkan bahwa Allah memihak kepada orang yang setia.
Yesus dengan tegas mengingatkan bahwa setiap orang akan dihakimi seturut dengan perbuatannya. Setiap perbuatan manusia yang jahat akan menuai kebinasaan. Tapi orang yang setia dan senantiasa berbuat baik, akan memperoleh kehidupan yang kekal.

2. Kedatangan Yesus itu pasti tapi waktunya masih rahasia. Dalam injil ini dikatakan bahwa kedatangan Yesus itu seperti pencuri yang tidak diketahui oleh siapa pun. Karena itu kita harus terus berjaga-jaga dengan setia. Sikap berjaga dengan setia dapat kita lakukan dengan tekun dalam doa, setia melayani Tuhan, rajin mengikuti ibadah-ibadah dan persekutuan dan terus membangun hubungan yang intim dengan Tuhan.

Alkitab sudah terlebih dahulu menyampaikan segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini sejak dahulu. Rajinlah membaca FirmanNya dan mencari maksud Tuhan bagi kita dalam firmanNya. Mantapkan iman kita kepada Tuhan dan marilah kita dengan setia berjaga-jaga menanti kedatangan Tuhan yang kedua kali.

Kiranya Tuhan memberkati kita dengan firmanNya. Amin (SK)

Khotbah Oleh
Pnt. Rio Bernard Sariano Sandy, S.Th

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories