Sunday, July 21, 2024

Mahasiswa Unwira Kupang Gelar Soaialisasi Ilmu Komunikaai di  SD Bertingkat Oebobo

-

 

NAMA: GAVIND PUTRA PRATAMA AGUSTO BAPTISTA
NIM:4312211

Kupang, lensantt.com – Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandira (UNAIR) Kupang, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melakukan sosialisasi kepada siswa siswi SD Inpres bertingkat Oebobo 2 kota Kupang (3/6/2023).

Materi yang disampaikan para Mahasiswa dan mahasiswi Unwira Kupang adalah “komunikasi yang efektif dalam kelompok”.
Sosialisasi ini berlangsung di SD Inpres bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang, Sabtu (3/6/2023 ) kata Shania.

Gavin Baptista, salah satu Mahasiswa Unwira Kupang menyampaikan bahwa tujuan dari sosialisasi ini untuk memperkenalkan kepada adik-adik siswa/i bagaimana komunikasi yang efektif.

Sosialisasi ini juga bermaksud untuk memenuhi tugas ujian akhir mata kuliah komunikasi kelompok bersama dosen pengampuh P. Yoseph Riang, SVD., S. Fil.,M.I.Kom.

“Komunikasi yang efektif adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan yang jelas, tepat, dan dimengerti oleh semua pihak yang terlibat”, katanya.

“Tujuan dari komunikasi efektif adalah memastikan bahwa informasi yang disampaikan secara akurat dan memadai, dan pemahaman yang diperoleh oleh penerima sesuai dengan maksud yang dimaksudkan oleh pengirim”, ujarnya.

Komunikasi efektif adalah kunci dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam hubungan pribadi, profesional, atau sosial. Dengan menguasai keterampilan komunikasi yang efektif, kita dapat meningkatkan pemahaman, membangun hubungan yang kuat, dan mencapai tujuan bersama dengan lebih baik.

Agar komuniksi tersebut dikatakan efektif, salah satu caranya dengarkan dengan baik saat anggota lain berbicara. Membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang ide orang lain.

“Gunakan bahasa yang jelas dan sederhana Saat berkomunikasi dalam kelompok, pastikan penggunaan bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami oleh semua orang. Hindari isyarat-isyarat tertentu yang hanya dimengerti oleh sebagian kecil anggota kelompok” tutupnya.

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories