Menia,lensantt.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah Sabu Raijua, Rabu, 28 Juli 2021 pukul 10.00 witeng bertempat di Aula Utama Kantor Bupati Sabu Raijua, menggelar Rapat Pleno Terbuka dengan Agenda , Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.
Wakil Bupati Terpilih Yohanis Uly Kalle, A.Md saat menerima SK penetapan. (Foto : Alfons Lay Lena)
Setelah Putusan Mahkamah Konsitusi Republik Indonesia memggelar  Pemilihan Suara Ulang Bupati dan wakli Bupati Sabu Raijua tahun 2020.
Paket Helama Tona Ie  ditetapkan sebagai pemenang hasil  PSU, dengan meraih Suara sebanyak 21.847 suara, atau 56 persen, yang di usung oleh Partai Nasdem dan Partai  PKB, serta Partai koalisi,Demokrat,Gerindra, PSI, dan Perindo.
Menurut ketua KPUD Sabu Raijua, Kirenius Padji,PSU Pasca Putusan MK RI telah di laksanakan sesuai dengan  tahapan dan alur yang di atur dalam peraturan KPUD tentang Pemilukada.
“Sehingga hasilnya hari ini kita bisa tetapkan dan selanjutnya hasil tersebut di serahkan kepada yang berwenang untuk di proses kemudian pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih di lantik menjadi Bupati dan Wakli Bupati Sabu Raijua yang  definitif,” Jelasnya.
Lebih lanjut Ketua KPUD Sabu Raijua, yang di dampingi semua anggota Komisioner KPUD Sabu Raijua menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Sabu Raijua dalam hal ini Bapak Penjabat Bupati Sabu Raijua bersama seluruh jajaran, yang telah mendukung kegiatan PSU, dengan memberikan anggaran kepada pihak KPUD, sehingga mulai dari tahap awal sampai dengan penetapan berjalan lancar aman dan damai.
Ditambahkannya, partisipasi masyarakat sabu raijua dalam memberikan  hak pilihnya mencapai 72 persen, dan merupakan pencapai luar biasa, ketimbang palaksanaan di Kabupaten lain hanya mencapai 50-an persen.
Sementara itu Bupati terpilih Drs. Nikodemus N Rihi Heke kepada media ini Rabu (28/7/2021) menegaskan, dengan ditetapkannya  Paket Helama Tona Ie sebagai pemenang oleh KPU Sabu Raijua  maka kita telah memasuki langkah kedepan dalam upaya membangun Sabu Raijua.
“Harapan kami agar semua komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sarai dan di luar sarai dapat bergandengan tangan dan satukan pikiran demi  menuju Sarai yg lebih baik.
Ia juga  berterima kasih yang tulus dan tak terhingga kami sampaikan Kepada Tim Pemenangan (partai dan keluarga), Tim Relawan, Simpatisan.
Juga ucapan terima kasih yang tulus pula kepada Partai Pengusung,  NASDEM, PKB dan Pendukung Demokrat, Gerindra, Perindo, PSI, yang telah bersama berjuang dalam Pilkada bahkan dlm PSU Sabu Raijua thn 2020, yang dilaksanakan pd 9 Desember 2020 dan 7 Juli 2021.
“Doa kami berdua, Tuhan memberkati semua perjuangan kita demi rencana pelayanan kita bagi masyarakat Sarai.
Mungkin ada kata yang belum terucap kepada semua pihak yg belum disebutkan satu persatu, kami mohon dimaafkan dan Kalimat di atas diperuntukan bagi semua yg belum disebutkan tadi. Terima kasih.  Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita semua,” ucap Maballa.
Hal yang sama juga disampaikan Wakil Bupati terpilih Yohanis Uly Kalle, A.Md. Ia menegaskan, penetapan oleh KPU Sabu Raijua adalah isyarat kalau perhelatan pilkada di kabupaten itu telah selesai.
Untuk itu, semua perbedaan yang terjadi saat Pilkada di lepaskan. Ia mengajak, agar semua komponen dapat bekerja sama membangun Kabupaten dengan julukan ” Pulau Sejuta Lontar” itu.
“Tinggalkan semua perbedaan mari bersama membangun Kabupaten Sabu Raijua,” jelasnya.
Untuk menjadikan Kabupaten Sabu Raijua yang lebih bermartabat, Maballa dan Mahoro siap menerima masukan.
“Kami buka ruang sebesar-besarnya untuk berdiskusi demi kemajuan sabu raijua,” tegasnya.
Diketahui pelaksanaan Rapat Pleno tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat, dengan selalu menggunakan masker mencuci tangan dan lain sebagainya.
Kegiatan Rapat Pleno, di pimpin langsung Ketua KPUD sabu raijua Kirenius Padji, yang di dampingi oleh 4 anggota Komisioner KPUD.
Hadir pada kegiatan tersebut,Plh.Pj. Bupati Sabu Raijua, Bpk Markus Lodo.S.Sos membacakan sambutan Pj.Bupati sabu raijua, karena Bapak Pj.Bupati dan bapak Sekretaris Daerah saat ini sedang bertugas di luar daerah.
Bapak Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi Tagi Huma,dan anggota Bpk Joni Hege.
Kapolres Sabu Raijua, Bpk.Yakob Seubelan.
Pejabat yang mewakili Kajari Sabu Raijua, Danramil Sabu Raijua, Danposal Sabu Raijua, Para Ketua PPK se kabupaten Sabu Raijua, para pimpinan OPD, para Camat.
Para Pimpinan Partai Politik.
Doa di bawakan oleh Ketua Klasis Sabu Barat Raijua, Bpk Herison Here Wila.(ikz)
Baca Juga :  TRP-HEGI Tak Hadir di Kegiatan Ikrar Damai PSU, Paket Helama Tona Ie : Damai Itu Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here