Monday, July 22, 2024

Ketua Umum Koni Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si “Optimis Beberapa Atlit Dari Sabu Raijua Lolos Pra PON”

-

 

Kupang, lensantt.com – Pekan Olahraga Nasional Tahun 2024, (biasa di singkat PON XXI/PON ACEH SUMUT) yang dijadwalkan berlangsung dari 5 sampai 19 September 2024, sudah di ambang pintu. Sehingga semua cabang olahraga raga sedang mempersiapkan para atlitnya untuk ikut bertanding pada Pekan Olahraga bergengsi tersebut.

Untuk mendapat tiket dalam ajang seleksi PRA PON tahun 2023, para atlit Sabu Raijua dari 12 cabang olahraga telah mengikuti pertandingan pada Pekan Olahraga Provinsi NTT (Porprov) bulan September 2022 yang lalu.

Menurut Ketua Umum Koni kabupaten Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si terdapat beberapa atlit dari berbagai cabang olahraga, seperti ; Sepak Takraw, Criket, Tinju, Bulu Tangkis, Fudsal yang mendapat tiket untuk mengikuti seleksi Pra PON bersama para atlit dari Kabupaten/Kota lainya di NTT.

Lebih lanjut menurut Ketua Umum Koni Sabu Raijua yang juga menjabat sebagai Ketua Umum cabang olahraga Criket kabupaten Sabu Raijua ini, khusus cabang olahraga criket, seleksi para atlit criket sesuai program kerja cabang olahraga criket Provinsi NTT, dilaksanakan di masing masing kabupaten/kota.

Seleksi para atlit criket pra PON asal kabupaten Sabu Raijua dilaksanakan di kabupaten Sabu Raijua selama 3 hari, yang di mulai dari hari Kamis, 02 Februari 2023 sampai hari Sabtu, 04 Februari 2023, di GOR Bumdes Menia desa Menia kecamatan Sabu Barat dan di halaman kantor bupati Sabu Raijua. Sedangkan cabang olahraga lainnya di laksanakan di Kota Kupang.

Menurut Ketua Umum Koni Sabu Raijua yang akrab disapa “Maballa” Melalui telpon salulernya mengatakan bahwa sangat optimis para atlit dari kabupaten Sabu Raijua, dari beberapa cabang olahraga bisa lolos Pra PON tahun 2023 menuju PON ACEH dan SUMUT 2024 mendatang. Alasannya para atlit Sabu Raijua mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, mempunyai daya tahan tubuh yang cukup baik, serta memiliki rekam jejak yang sudah terbukti dan teruji. Contohnya Atlit jalan Cepat atas nama Thersiana Riwu Rohi, Lenny Keraba Cs cabang olahraga Sepak Takraw (asal Sabu Raijua) yang telah berulang ulang mengharumkan nama NTT dan Indonesia baik di PON dan Sea Games.

Hal senada disampaikan oleh Panitia seleksi Erik Lay Lena ( Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PCI NTT) ada beberapa Atlit Criket Sabu Raijua berpotensi lolos ke Pra PON untuk PON ACEH dan SUMUT 2024 mendatang. Karena atlit yang di seleksi merupakan atlit yang sudah terjaring pada kegiatan Porprov 2022 lalu, sehingga kita hanya laksanakan tes ketrampilan teknisnya, dan tes fisik yang lebih banyak karena kekuatan fisik sangat berpengaruh pada pertandingan nanti kata Erik Lay Lena.
Erik Lay Lena berharap atlit criket NTT yang dipersiapkan dapat lolos Pra PON dan meraih medali emas pada PON ACEH 2024 nanti.

Sedangkan menurut Sekretaris Umum Koni Sabu Raijua, ibu Chaerunisa berharap atlit criket dan para atlit lainnya yang dijaring bisa mendapat prestasi yang gemilang. Terutama untuk Sabu Raijua dan diri mereka sendiri, karena lewat olah raga kita juga turut membangun kabupaten Sabu Raijua.

Khusus berapa cabang olahraga memang banyak kendala yang dialami seperti kekurangan biaya untuk membeli perlengkapan penunjang serta cabang criket tidak masuk dalam pelajaran sekolah.

Mari kita memberikan dukungan kepada Koni Sabu Raijua dan semua cabang olahraga, serta para berprestasi agar dapat mempersembahkan yang terbaik untuk kabupaten sabu raijua khususnya dan NTT pada umumnya.

Mari kita simak beberapa cuplikan video seleksi atlit pra PON cabang olahraga criket di kabupaten Sabu Raijua. (Ikz/ALL)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories