JAKARTA, lensantt.com-Pengamat Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Ricky Ekaputra Foeh, MM memandang sosok Marsekal Muda TNI (Purn) Robert Soter Marut sangat layak memimpin Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain memiliki jaringan yang luas, Robert Marut juga mempunyai visi yang kuat untuk memajukan NTT.

“Saya kira, NTT setelah era Pak Frans (Frans Lebu Raya_red) membutuhkan sosok pemimpin yang berpengalaman dan cerdas. Itu ada dalam diri pak Robert Marut,” tegasnya.

Seperti diketahui, nama bakal Cagub NTT, Robert Soter Marut kian melambung. Informasi yang berkembang menyebutkan, PDI Perjuangan bakal memberikan tiket cagub NTT kepada salah satu perwira Tinggi TNI terbaik tersebut.

Robert Marut dipandang sebagai kandidat kuat yang layak bersaing dengan pasangan  Esthon Foenay dan Christian Rotok yang sudah mendeklarasikan secara resmi.

Baca Juga :  Di Momen Pilgub,  Pius Rengka Bilang NTT Itu "Nanti Tusuk Tiga" 

“Semua yang ada di bursa politik NTT,  pantas menjadi Gubernur NTT dimasa mendatang. Namun karena kita menganut sistem demokrasi maka kepantasan menurut rakyatlah yang paling penting,” imbuhnya.

Saat ini kata Ricky, NTT membutuhkan figure baru yang belum terkooptasi dengan era pemerintahan sebelumnya. Karena itu, dilihat dari rekam jejaknya, nama Robert Soter Marut memenuhi criteria itu.

“Saya kira semua kandidat yang bakal maju di NTT, sudah pernah duduk dan memimpin di NTT kecuali pak Robert Soter Marut. Jadi rakyat NTT sesungguhnya sudah tahu siapa yang akan dipilihnya menjadi Gubernur NTT kedepan,” terangnya.

Ricky menilai, Robert Marut memiliki keunggulan dibandng kandidat lainnya.

Salah satunya,  jam terbangnya yang sangat tinggi, baik di level nasional maupun internasional.

“Pak Robert sudah pernah  berkiprah di tingkat Nasional. Jadi kemungkinan “bargaining politiknya” lebih bagus ketimbang calon lainnya. Apalagi pak Robert dengan sejumlah pengalaman selama di TNI AU,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kota Kupang “Bersih” Ala Paket FirmanMU

Jam terbang serta relasi yang sangat kuat dengan para pengambil kebijakan di tingkat pusat membuat Robert Marut mudah “membidik” NTT dari atas. “Pak Robert Marut in sangat bagus. Dia baru muncul di bursa politik NTT satu tahun terakhir. Meski baru muncul, tetapi sangat menjanjikan,” urainya.

Ricky mengaku, Provinsi NTT membutuhkan figure ‘kebaruan’. Dan sosok kebaruan itu direpresentasikan oleh figure Robert Marut.  “Saya kira, pak Robert Marut ini sangat cocok untuk NTT 1. Secara pribadi, saya tidak kenal orangnya. Tetapi melihat kiprahnya selama setahun ini, saya menyakini, Robert Marut sosok yang menjadi harapan masyarakat NTT,” pungkasnya. (Ikz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here