Beranda Nasional Dipo Nusantara Pua Upa  Ingin  Flores, Lembata & Alor Jadi  Laboratorium Empat...

Dipo Nusantara Pua Upa  Ingin  Flores, Lembata & Alor Jadi  Laboratorium Empat Pilar

BAJAWA, FLORES—Anggota DPR RI/MPR RI dari Dapil NTT-1, N.M. Dipo Nusantara Pua Upa, S.H., M.Kn. meminta agar ke depan MPR dapat menjadikan daerah di Flores, Lembata dan Alor (Florata) sebagai laboratorium dan role model penerapan Empat Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia.

 

“Flores, Lembata dan Alor harus dijadikan laboratoium dan role model dalam penerapan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,”papar Dipo Nusantara Pua Upa, dalam wawancara dengan wartawan, seusai melakukan Sosialisasi Empat Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dihadiri sekitar 170 peserta di Hotel New Bintang Bajawa – NTT, Sabtu (30/11).
Alasan Dipo, karena dia melihat nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat di Flores, Lembata dan Alor adalah nilai-nilai yang selama ini menjadi perekat dan kerukunan dalam kita berbangsa dan bernegara.

”Di sini saya merasakan sekali rasa kekeluargaan, gotong royong, saling tolong-menolong di dalam kehidupan masyarakatnya. Dan hal ini tidak saja terjadi dalam keluarga dan masyarakat adatnya, tetapi juga dalam kehidupan beragama,”ungkap Dipo, putra Flores yang juga anggota DPR RI dari Dapil NTT-1.
Dipo menyontohkan saat umat Islam di Kecamatan Nangaroro, Kabuaten Nagekeo membangun masjid di yang bertetangga dengan Dipo Center.

Baca Juga :  Setelah Nasdem, PKB Resmi Rekomendasi Pasangan Nikodemus Riri Heke Dan Yohanes Uly Kale

”Ïtu yang datang malah banyak saudara-saudara kita yang Katholik yang membantu mengangkat campuran semen untuk lantai dua,”ungkap Dipo.

Demikian pula ketika malam Natal dan Tahun Baru, anak-anak muda di Flores, Lembata dan Alor yang tergabung dalam remaja masjid atau di GP Ansor dan Banser, justru mengamankan gereja saat umat Katholik melaksanakan misa.

“Masyarakatnya memiliki sifat gotong royong yang sangat tinggi. Sifat masyarakat yang sangat mendasar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dan itu saya melihat hamper di seluruh tempat di NTT. Seperti di Kupang,” ungkap Dipo.

Empat Pilar

Baca Juga :  Walikota Dan Wakil Walikota Terpilih Ajak Warga Kota Dukung Andmesh Kamaleng

Menyinggung sosialisasi Empat Pilar, Dipo mengingatkan bahwa kehidupan bangsa Indonesia akan semakin kukuh, apabila segenap komponen bangsa, selain memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya. Yakni Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Baca Juga :  Ikut Kunker Presiden Ke Labuan Bajo, Kapal Pengangkut Wartawan Istana Tenggelam 

 

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ini harus kita jaga, kita pahami, kita hayati, dan kita laksanakan dalam pranata kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa ini. Yakni rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” papar Dipo.
Dipo juga mengingatkan, banyak negara di dunia yang tercerai berai karena munculnya radikalisme dan kelompok separatisme di dalam masyarakatnya.

Indonesia pun, menurutnya,  akan mengalami nasib yang sama, menjadi negara yang tercerai berai, jika kita tidak secara dini menekan munculnya kelompok radikal dan separatis di negeri ini.

”Sosialisasi Empat Pilar ini merupakan bagian dari upaya kita agar Indonesia tidak tercerai-berai,” ujarnya.(ikz/***)

 

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Warga Naimata Ditemukan Gantung Diri

Kupang,lensantt.com - SM (57)Warga RT 02 RW 01 Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) digegerkan dengan adanya penemuan mayat seorang wanita,...

GKH Dilauncing, Walikota Kupang Ingatkan Tanam Pahon Dan Jaga Lingkungan

KUPANG,Lensantt.com.Pemerintah Kota Kupang kembali melakukan aksi penanaman pohon di Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, tepatnya di lokasi Jembatan Petuk II, Sabtu (11/07/2020). Kegiatan yang dimotori oleh...

Tim Pansus DPRD TTS Bongkar “Aib” SKPD

Soe, lensantt.com- Tim Pansus LKPJ DPRD TTS telah selesai menjalankan tugas mereka pada Sabtu  (11/07/ 2020). Sesuai aturan Tim Pansus menyampaikan, laporan melalui Rapat Paripurna...

Warga Sabu Raijua Bakal Dilayani Kapal Cepat Berbahan Aluminium

Kupang,lensntt.com- Warga Sabu Raijua Bakal mendapatkan kapal baru berbahan Aluminium menggantikan Kapal Cantika. Kapal motor tersebut, akan beroperasi mengangkut para penumpang tujuan Sabu-Kupang. Bupati Sabu Raija...

Pansus Temukan Dugaan Penlah Gunaan Dana Senilai 3,5 Miliar, Marten Tualaka : Kasus ini Harus Diusut Tuntas

Soe, lensantt.com-  Panitia khusus (Pansus) DPRD TTS kembali Turun ke lapangan pada sabtu 11 juli 2020. Kegiatan ini, menjadi hari terakhir dari perjalanan hari terakhir...