Sunday, July 21, 2024

17 RIBU PEJABAT CHINA DIHUKUM KARENA TERLALU BOROS

-

Lensantt.com, Sebanyak 17 ribu pejabat pemerintah China dikenai hukuman karena dinilai terlalu menghamburkan dana pemerintah setahun terakhir ini. Tak jelas apa jenis hukuman yang dijatuhkan.

Komisi Penyelidik Disiplin Partai Komunis China (PKC) menyebut para pejabat dinilai tidak melakukan penghematan seperti yang digariskan. Di antaranya, menggunakan kendaraan kantor untuk keperluan pribadi, berkeliling China tanpa tujuan jelas, atau bepergian ke luar negeri menggunakan dana publik, dan menggelar pesta perkawinan secara berlebihan.

Contoh paling jelas adalah kasus selingkuh Tao Yi. Petugas pajak dari Provinsi Guangxi ini memberi banyak uang pada pacarnya yang dikenal sebagai ‘Nona Fan’. Usai kisahnya dibeberkan di internet, Tao dipecat dari jabatannya dan kekayaannya diusut.

Agustus lalu harian Global Times menerbitkan imbauan agar para pejabat dilarang ke klub malam. Imbauan ini dilontarkan setelah sejumlah hakim di Shanghai kepergok ‘ngamar’ di tempat pelacuran.

“Larangan itu untuk mencegah pejabat pemerintah melakukan korupsi”, tulis harian tersebut seperti dikutip The Telegraph. (Iksan)

Sumber : Inilah.com

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories