Saturday, July 20, 2024

1 Korintus 1 : 3 – 11 Ucapkan Kata-kata yang Baik, Indah dan Sedap Didengar

-

 

Rasul Paulus selama di penjara, menuliskan surat kepada Jemaat di Korintus atau pun jemaat2 lain mulai dari Jemaat di Roma sampai ke Jemaat Ibrani. Dan pertama kali yang ditulis adalah salam dan ucapan syukur serta berkat untuk jemaat-jemaat tersebut.

Paulus mengajak kita untuk mau selalu mengucap syukur meskipun dalam kesesakan. Ia mengatakan bahwa di dalam Dia (Yesus), kita telah menjadi kaya dalam segala hal, dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan.

Karena itu Paulus mau mengajarkan agar kita bisa mengucapkan kata-kata yang baik, yang indah dan sedap didengar dan hidup kita pun harus bisa menunjukkan kebaikan. Memang kelihatannya gampang untuk diucapkan tapi dalam kenyataannya seringkali sulit untuk kita lakukan. Apalagi ketika kita berada dalam pergumulan yang berat. Apa kita mampu mengatakan hal yang baik2 saja, apa kita mampu melalukan hal yang baik?

Semua itu kembali pada pribadi kita masing-masing. Maukah kita berubah? Maukah kita selalu melakukan kehendak Tuhan tanpa mengeluh. Karena yang sering terjadi adalah demikian. Padahal, ketika kita banyak melakukan pengeluhan, itu akan semakin menambah beban hidup. Akan terasa semakin berat menjalaninya.

Karena itu, mari kita belajar dari Rasul Paulus. Ia bisa selalu bersyukur meski dalam penderitaan. Ia masih bisa menguatkan jemaat-jemaat lewat surat-surat yang ia tulis. Ia masih bisa mendoakan orang lain bahkan memberkati. Kita pun bisa melakukan itu asalkan kita punya niat yang tulus dan selalu membawa diri dan pergumulan kita kepada Tuhan. Karena hanya Tuhan yang paling mengenal kita lebih dalam dan Tuhan saja yang bisa merubah hidup kita. Serahkan segala kekuatiran kita kepada Tuhan. Biarkan Tuhan yang bekerja dan bertindak dalam hidupmu.

Kiranya Tuhan memberkati kita dengan FirmanNya. Amin. (SK)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories