kupang,lensantt.com – Puluhan wartawan di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) dilatih oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setempat, pada Senin, 28 Maret 2016 tentang bagaimana menulis tentang dunia perbankan.

Kepala OJK, NTT Winter Marbun saat membuka acara Pelatihan tersebut mengatakan bahwa dengan pelatihan tentang perbankan, wartawan dapat membangun opini positif yang berpengaruh pada pekermbangan ekonomi di NTT.

“Kami berharap pada kegiatan ini bisa terbangun opini-opini positif yang akan berpengaruh pada perkembangan ekonomi NTT,” katanya.

Sementara Pemimpin Redaksi Info Bank, Eko Supriyanto menuturkan bahwa tidak semua wartawan dapat menulis berita tentang ekonomi dan perbankan secara baik dan benar. Hal tersebut disebabkan kurang pahamnya wartawan terhadap apa yang akan ditulis, sehingga informasi yang disampaikan membuat masyarakat tidak mengerti.

Tentunya tujuan dalam menulis adalah untuk mempengaruhi publik, tetapi karena ketidakpahaman tentang apa yang ditulis maka tulisan tersebut tidak dapat mencapai tujuannya. Selain itu investigasi terhadap persoalan ekonomi dan perbankan yang terjadi di daerah akan dangkal dan tidak mendalam.

“Dunia sudah berubah. Bisnis media sudah berubah pula, integriti atau kebenaran menjadi sudut pandang wartawan dalam melihat satu fakta,” katanya.

Dengan pertemuan dan diskusi ini, Eko berharap dapat memunculkan pemahaman wartawan tentang tata cara penulisan berita ekonomi dan keuangan. “Jika wartawan paham tentang apa yang ditulis. Maka pembaca juga akan mudah memahaminya,” ucapnya. (ikz)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here