Beranda NTT Upssss!!!! Warga Kabupaten Kupang Konsumsi Air Resapan

Upssss!!!! Warga Kabupaten Kupang Konsumsi Air Resapan

Seorang-Nenek-Sedang-Mengambil-Air-dari-Lubang-yang-digali-warga
Seorang-Nenek-Sedang-Mengambil-Air-dari-Lubang-yang-digali-warga

Oelamasi,Lensantt.com – Akibat kekeringan Warga Kampung Topos Dan Naiote Di Desa Bokong, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengkonsumsi air kotor dari sumur resapan di sekitaran tepi sungai.
Kejadian ini sudah sering terjadi, khusunya pada akhir bulan juli. Untuk memenuhi kebutuhan air warga harus menggali lubang di sekitar tepi aliran sungai.
“Setiap tahun seperti ini, kalau sudah akhir Juli air tidak ada lagi, kalau Oktober kami harus gali lubang di sekilling tepi sungai baru dapat air untuk bisa penuhi kebutuhan sehari-hari, minum, masak, mandi, cuci,” ungkap Agustina Bones kepada wartwan beberapa waktu lalu.
Diakuinya, kesusahan ini merupakan penderitaan tahunan yang sudah berlulang kali penanggulangannya diusulkan dalam rapat baik ditingkat dusun, desa bahkan telah diketahui Pemerintah Kabupaten Kupang dan beberapa anggota DPRD setempat, namun terkesan ada pembiaran.
Ia menambahkan, pada masa Pilkada Legislatif maupun eksekutif warga sempat dijanjikan untuk memperbaiki sumur bor hasil hasil swadaya mereka namun hingga saat ini janji tersebut tidak pernah di tepati.
“Dulu saat kampaye pemerintah dan DPR janji bilang ingin perbaiki kembali Sumur Bor kami, ini juga hasil swadaya masyarakat yang diminta untuk perbaiki, bukan dari pemerintah, tapi selesai pemilihan umum tidak lihat kami lagi. Semua sudah hilang, hilang terus,” tandas Ibu Paruh baya ini.
Akibat hal ini, banyak warga mengaku anak-anak mereka menderita penyakit gatal-gatal karena memandikan anak mereka pada sungai galian masyarakat disekitar tepi sungai.
“Sebenarnya ini air tidak layak karena kotor, anak kami sakit, gatal-gatal, perut sakit, kencing sesak, kepala desa bokong, Nitanel Atimeta tahu juga kalau kita susah air,” jelas Yance Amnahas, yang ditemui wartawan saat hendak menggali lubang air. (George)

Baca Juga :  Kantor PKK Provinsi NTT Diresmikan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Anggota DPRD TTU Positif Narkoba Dibebaskan, Pengamat : Kasus Ini Bisa Diangkat Lagi

Kupang,lensantt.com - Anggota DPRD TTU, Irenius Frederik Taolin alias Dedi (37) ditangkap petugas BNN Kota Kupang di salah satu kamar hotel di Kota Kupang saat sedang...

Kupang Hijau Segera Digelar, Ini Kata Walikota Kupang Dan Plt.Dirut Bank NTT

Kupang,lensantt.com - Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dan Plt.Dirut Bank NTT menggelar rapat persiapan pelaksanaan GKH, Rabu (1/7) lalu. Bertempat di...

DPRD Punya Hak Sampaikan Pendapat, Fraksi Gabungan : Silahkan Tempuh Jalur Hukum

Kupang,lensantt.com - Sidang paripurna memanas ketika Fraksi Gabungan Demokrat Solidaritas Pembangunan (DSP) DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT)  kalau ada dugaan korupsi saat menyampaikan pandangan fraksi pada...

Update Korban Puku Afu : 23 Orang Ditemukan 4 Meninggal, 6 Dalam Pencarian

Kupang,lensantt.com - Tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap korban KM.Kasih 25 yang tenggelam dism Selat Pukuafu. Hingga saat ini sudah 23 orang ditemukan, 19 orang...

Kondisi PD Mutis Jaya TTS Memprihatinkan, Ketua Tim Pansus : Suntikan Dana 1,2 M Mubasir 

Soe, lensantt.com - Anggota DPRD TTS yang tergabung dalam pansus LKPJ bupati tahun 2019 kembali bergerilya kali ini mereka bertandang ke Perusahaan Daerah (PD) Mutis...