Kupang, lensantt.com – Realisasi pekerjaan Fisik maupun Keuangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah 2 yang meliputi pulau timor dan Alor mencapai target yang ditentukan.
” Tahun 2019 lalu pekerjaan fisik maupun realisasi keuanngan sesuai dengan target, ” kata Kasatker Balai Pelakasanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah 2  Agustinus Junianto saat ditemui wartawan diruang kerjanya Rabu (22/01/2020).
Ia menjelaskan, untuk progres fisik tahun mencapai 95,7 persen sedangkan untuk keuangan 94,21 persen.
Ia menegaskan, angka tersebut tidak mencapai 100 karena BPJN 2 mendapat tambahan dana SBSN sekitar 90,5 M untuk beberapa item pekerjaan jembatan gantung panite dan rekonstruksi di haliluk Kabupaten Belu.
Selain itu,  ada satu paket pekejaan di Kabupaten  Alor tepatnya di pulau pantar mulai dari Baranusa-Kabir melalui alokasi dana SBSN itu kontraknya tidak ditanda tangani.
Hal itu disebabkan , lokasi pekerjaan sangat sulit untuk menyuplai material apalagi saat musim hujan. ” Ada satu paket pekerjaan yang tidak tandangan kontrak karena  medan yang cukup berat, ” Tegasnya.
Ia manambahkan, jangka waktu pekerjaan pun sangat sedikit hanya sekitar 32 hari sehingga proyek tersebut dibatalkan.
“Jika pekerjaan itu tidak dibatalkan maka progress kami 100 persen. Karena anggaran itu sudah masuk dalam anggaran kami maka hitungan persen tetap masuk kepada kami,” ujarnya.
Terkait kendala tersebut, Pihak BPJN 2 telah melapor ke pusat kalau bukan tidak sanggupnamun karena waktu yang sangat singkat.
Ia menambahkan, ada beberapa paket yang dilanjukan pada tahun 2020 sesuai dengan Peraturan Mentri Keuangan (PNK) Nomor 243 yang mengisyaratkan pekerjaan yang belum selesai ditahun 2019 bisa dilanjutkan pada tahun 2020.
Dalam PNK 243 itu,  memberi ruang kepada pihak ke tiga untuk melanjutkan pekerjaan dimasa denda dengan perpanjangan masa pelaksanaannya selama 90 hari (3 Bulan)
” Ada ruang pada PNK 243 untuk pihak ke tiga lanjutkan ke tahun berikut,” tegasnya.
Paket yang di lanjutkan ketahun 2020 sebanyak 4 paket, 1 paket jembatan panite, 1pekerjaan rekontruksi di Halilulik dan 2 pekerjaan di perbatasan.
“Untuk rekontruksi di Halilulik sudah selesai di kerjakan, Sedangkan jembatan gantung panite selesai pekan ini dan 2 pekerjaan sisa selesai sekitar akhir januari 2020,” Ujar.
“Dengan demikian, 4 paket pekerjaan itu diselesaikan sebelum masa waktun 3 bulan,” tegasnya.(ikz)
Baca Juga :  “Om Telolet Om” Menjamur Di Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here