Adonara,lensantt, Bakal calon Gubernur NTT, Marsekal Muda (Pur) Robert Soter Marut (RSM)  bersafari ke Adonara, Kabupaten Flores Timur, sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara (NTT) , yakni di sebelah timur Pulau Flores.

Dari Lembata RSM menumpangi KM. Tri Sakti 1 menuju pelabuhan Waiwerang, ketika tiba di pelabuhan tersebut,  RSM dikalungi selendang oleh utusan warga desa Lite, kecamatan Adonara Tengah.

Tiba di desa Lite, RSM disambut dengan bahagia oleh warga setempat. Adonara emiliki potensi alam yang luar biasa seperti kelapa, kakao, mente, serta potensi laut yang cukup besar, Kata Donatus Sili,  warga Desa Lite kepada RSM pada saat bertatap muka di desa tersebut.

Donatus menambahkan, saat ini, warga Adonara,  khususnya di desa Lite, Kecamatan Adonara Tengah, resah karena hama yang menyerang tanaman perkembunan mereka.

Baca Juga :  Dipilgub NTT,  Mantan Sekda  Serukan Warga Alor Pilih Paket Harmoni

“Masyarakat Desa Lite ini mulai cemas,  karena banyak tanaman perkebunan diserang hama.  Hal ini akan mempengaruhi hasil perkebunan masyarakat desa Lite”, kata Donatus

Dikatakannya, masyarakat berharap persoalan ini cepat diselesaikan,  sehingga hasil perkebunan tidak berkurang.

“kami berharap pak RSM bisa menyelesaikan masalah yg kami hadapi,  dan kami berharap jika pak RSM menjadi gubernur terpilih,  tolong perhatikan nasip petani,  termasuk harga komoditi serta jalan raya,  agar memudahkan kami mengakut hasil komoditi”, ungkap Donatus.

Menanggapi permintaan masyarakat desa Lite,  jenderal bintang dua TNI AU itu menjelaskan,  bahwa kekayaan SDA yang melimpah di Adonara harus didukung dengan kehadiran sumber daya manusia yang berkualitas.

Misalnya, kelapa yang melimpah di pulau tersebut sejauh ini hanya dijadikan kopra dan minyak, padahal komoditi tersebut mempunyai segudang manfaat lain yang bisa diolah. Misalnya sabut, tempurung dan airnya bisa menjadi bahan industri.

Baca Juga :  Petani Di Borong, Dukung Robert Marut

“Dengan kualitas SDM yang baik dan sedikit sentuhan teknologi,  manfaat besar akan langsung dirasakan masyarakat Pulau Adonara”, kata calon gubernur tersebut.

 

Menurut teknisi pesawat termpur tersebut, persoalan yang dihadapi oleh petani di Lite harus segera di atasi karena kalau terlambat ditangani,  maka sudah dipastikan kegagalan panen akan terjadi.

” secepatnya kita kirimkan tenaga ahli dan teknis untuk penyuluhan dan menyelesaikan persoalan tersebut sehingga para petani tidak akan mengalami kegagalan dalam usaha mereka dan kualitas dan hasil produksi juga baik”, tutup bakal calon gubernur NTT tersebut.(Ikz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here