Kupang,lensantt.com – provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupkan salah satu provinsi yang menjadi kantong penyalur Tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

“Dari lima daerah NTT salah satu kantong TKI di Indonesia,” Kata Dedi Cahyanto  saat membawa sambutannya mewakili kepala BNP2TKI pada acara  Senior Official Meeting of Trilateral Working Group di Hotel Aston Kupang, Rabu (10/8).

Dia menjelaskan, pentingnya penanganan terintegrasi dalam urusan ketenagakerjaan. NTT sebagai salah satu daerah kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mendapatkan perhatian bersama lima provinsi lainnya. Bersama 15 Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, ia meminta dukungan untuk mendirikan Unit Layanan Dokumen Terpadu di NTT. Unit layanan tersebut diyakininya dapat meminimalisir praktik-praktik percaloan ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Tak Pernah Bongkar Rumah Warga Lasiana, Pernyataan Walde Taek Sesuai Fakta

Dalam kesempatan itu, Basaria Panjaitan selaku Wakil Ketua KPK menyebutkan bahwa salah satu upaya mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, adalah dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi. Perencanaan dan Pengelolaan APBD, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta Pelayanan Perijinan adalah tiga sektor contoh yang bisa dijadikan pembelajaran bersama.

Dia menjelaskan, KPK percaya bahwa pemanfaatan teknologi sistem informasi dalam tata kelola pemerintahan daerah dapat menjadi salah satu cara untuk mempersempit peluang terjadinya korupsi di lingkungan pemerintah daerah. Kami juga berharap dapat menyebarluaskan best practices dari Pemerintah Kota Surabaya dengan perencanaan elektroniknya( E-planning), Pemerintah Kabupaten Bogor dan Badung dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan Pemerintah Kota Bogor, Denpasar, Sidoarjo dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kehadiran mereka diharapkan bisa memberikan inspirasi sekaligus pembelajaran. KPK dan BPKP akan memfasilitasi dan mendampingi pembelajaran .

Baca Juga :  "Turun Gunung", Piet Djami Rebo : Saya Datang Ke Sabu Untuk Helama Tona Ie, Ini Panggilan Nurani

Nampak turut hadir,  Anwar Pua Geno, Ketua DPRD Provinsi NTT bersama sepuluh Bupati dan Walikota serta perwakilan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. Dari unsur Pemerintah Provinsi NTT juga hadir Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Kepala Biro Keuangan dan Pimpinan SKPD lainnya bersama stafnya masing-masing.(ikz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here