Langkah Sukses Kepala Desa Untuk Warga Panite 

  • Whatsapp
 Soe,lensantt.com – Akhir-akhir ini para Kepala Desa di Kabupaten TTS menjadi sorotan. Pasalnya, penggunaan dana desa yang melenceng dari harapan.
Berbeda dengan Jemi Benu kepala desa Panite, Kecamatan Kot’olin kabupaten TTS.
Pria muda ini patut dicontoh.
Sebagai pimpinan didaerah tersebut, Ia punya strategi khusus untuk mensukseskan warganya. Kepada wartawan  di kantor desa panite pada beberapa waktu lalu menegaskaskan, banyak Program yang sudah berjalan antara lain pembangunan tembok penahan, Perumahan, dan Lopo didalam desa tersebut.
Kendati masih muda, langkah-langkah yang diambil Jemi patut diancungi jempol. Bagaimana tidak, apa yang dilakukan benar-benar menyentuh dimasyarakat.
Melihat geliat pria ini,  para kepala desa wajib meniru apa yang dibuat oleh pria berkulit sawo matang tersebut.
Bukan hanya perumahan, Bidang Peternakan seperti, pemberdayaan masyarakat dengan memberikan  ekor sapi/KK  juga Ternak Babi lokal dengan memggunakan kandang bersama.
Berkat kekuatan lobinya di pemda TTS, desa tersebut mendapat bantuan peralatan bengkel.
“Kami dapat peralatan bengkel jadi sementara masyarakat berusaha,” kata dia.
Dia juga punya  strategi menurunkan stunting, denngan memberikan bibit ikan Nila kepada masyarakat sehingga dapat membuka peluang usaha bagi masyrakat.
Dia berharap, rancangan tersebut bisa membantu meningkatkan jiwa usaha masyarakat sehingga bisa menambah penghasilan dalam keluarga.
“Mudah-mudahan apa yang dirancangkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” Tegasnya.
Soal pembangunan lopo ia mengaku, dirinya mengeluarkan uang pribadi untuk melengkapi pembangunan tersebut.
“Ada beberapa bangu tidak cukup untuk pendanaan jadi saya harus keluarlan dana pribadi, tapi itu tidak menjadi masalah,” kata dia.
Pria murah senyum ini juga mengatakan,  kalau tahun ini khusus desa kotolin mendapatkan dana PMMD dari pemerintah sebesar Satu Miliar rupiah.
Ia berjanji danatersebut akan digunakan untuk pembangunan desa dan usaha masyarakat dibidang Pertanian, Peternakan, perindustrian dll.
Benu juga menjelaskan bahwa pada tahun 2018 desa panita sempat mendapat juara lomba PKK antar desa ditingkat kabupaten. Antara juara 1 dan juara dua dikuasai oleh desa panite. (Erick)

Komentar Anda?

Related posts