Kampung Adat Namata Juara I Festival API, Jawaban Komitmen Maballa Sarai Jadi Kabupaten Pariwisata, Panitia : Kepala Daerah Harus Berani Seperti Nikodemus Rihi Heke

  • Whatsapp
Labuan Bajo,Lensantt.Com –  Malam puncak penghargaan terhadap pemenang API awards 2020 yamg digelar di Hotel Inaya Bay Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (20/5/2021).

Membuktikan NTT mempunyai ikon wisata yang menjajikan terbukti, dari 18 kategori perlombaan Provinsi NTT menyabet 8 kategori. Sehingga Provinsi NTT menempati juara umum mengalahkan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Aceh yang sebelumnya bersaing ketat dalam nominasi juara umum.

 

Read More

Dari Delapan kategori yang dimenangkan oleh Provinsi NTT  Ada Nama Kampung adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua menjadi juara Pertama (I) kategori Kampung Tradisional Terpopuler.

Kemenangan tersebut juga menjadi jawaban Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si yang berkomitmen menjadikan Sabu Raijua sebagai Kabupaten Pariwisata.

Rihi Heke begitu getol mengkumandangkan Pariwisata di Kabupaten sejuta lontar tersebut. Walau ia sempat di caci, di olok dengan berbagai cara.

Namun, komitmennya membuahkan hasil tahun 2016 Goa Maballa menjadi Runner Up ( juara 2), Tahun 2018 Kelabba Madja menjadi juara 1 dan kini kampung namata menorehkan prestasi.

Tak bisa dipungkiri prestasi Itu akan menjadi catatan sejarah di dunia pariwisata.

Keberhasilan Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si ini pun mendapat apresiasi dari Hiro Selaku Ketua Pelaksana API. Menurut dia, Untuk membangun Pariwisata di Kabupaten/kota harus berani seperti Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si.

Menurut dia dengan keterbatasan baik itu anggaran maupun pendukung lainnya Rihi Heke berani membangun pariwisata.

“Saya salut dengan pak Nik, dia berani,” ujarnya.

Drs.Nikodemus N Rihi Heke, M.si saat mengikuti kegiatan API di lLabuan Bajo
Perintis Parwisata Drs.Nikodemus N Rihi Heke, M.Si

Perintis Pariwisata Sabu Raijua

Kabupaten Sabu Raijua menjadi ikon pariwisata baru di provinsi NTT.
Banyak destinasi wisata menjadi kebanggaan dari pulau sejuta lontar itu. Sebut saja, Goa Mabala, Kellaba Maja dan beberapa titik wisata lainnya.
Keindahan destinasi wisata tersebut berhasil bersaing di kancah nasional.Bakan Goa Mabala dan Kellaba Maja berhasil juara pada ajang lomba destinasi wisata tingkat nasional.
Keberhasilan itu tidak terlepas dari tanggan dingin Drs.Nikodemus N Rihi Heke, M.Si saat menahkodai Kabupaten Sabu Raijua.
Gerakan cepat Drs.Nikodemus N Rihi Heke, M.Si benar-benar membuahkan hasil manis pasalnya, Sabu Raijua begitu di kenal dengan pariwisata.
Pria yang akrab di sapa Maballa ini mendapat undangan khusus dari pantia “Ayo Jalan-jalan” untuk mengikuti acara malam Anugrah Pesona Indonesia yang di gelar pada Kamis, 20 Mei 2021.
Panitia Ayo jalan-jalan memberikan undangan khusus tersebut karna Drs. Nikodemus N Rihi Heke  di anggap sebagai perintis pariwisata di Kabupaten Ssbu Raijua.
Hal itu disampaikan langsung oleh panitia Ayo jalan- jalan via Whatsapp pada Selasa,(18/05/2021).
” Kami mau kirim undangan Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 untuk Bapak, ”  Ungkapnya.
Dalam pesan tersebut, panitia Ayo jalan-jalan menyampaikan kalau Kabupaten Sabu Raijua akan diberi penghargan.
“kami merasa bahwa Piala Penghargaan yang akan diterima Kab Sabu Raijua adalah prestasi periode Bapak memimpin,” kata panitia dalam pesan WA.
Kepada media ini Selasa,(18/05/2021) Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si mengatakan, pariwisata Sabu Raijua layak “dijual” ke mancanegara.
“Pariwisata Sabu Raijua layak di jual ke mancanegara,” ungkapnya.
Keberhasilan yang di raih kata dia, merupakan kerja keras semua pihak.” Ini kerja keras kita bersama,” ujarnya.
Ia menegaskan, pariwisata di sabu raijua harus terus di promosi.” Mari kita sama-sama bangun pariwisata kabupaten sabu raijua,” jelasnya

Berikut Kategori yang di menangkan provinsi NTT, juara II kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao), juara I kategori Kuliner Tradisional Terpopuler (Se’i NTT), juara I kategori Destinasi Belanja Terpopuler (Sendra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang), juara II Kategori Wisata Air Terpopuler (Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur), juara I kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Fulan Fehan) di Kabupaten Belu.

 

Juara I kategori Kampung Tradisional Terpopuler  (Kampung Adat Namata di Sabu Raijua), juara II ketegori Destinasi Baru (Pulau Semau di Kabupaten Kupang), dan juara I kategori Situs Sejarah (Liang Bua di Kabupaten Manggarai).(ikz)

.

Komentar Anda?

Related posts