Kades Tupan Tegaskan Dana Desa Akan Di Alihkan Untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
So’e, lensantt.com –  virus Covid – 19 berdampak pada pendapatan masyarakat yang berkurang. Mengantisipasi itu Kepala Desa Tupan Kabupaten TTS Fredik Neonane mengambil keputusan  cerdas dengan mengalihkan anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid-19.
Kepada media Kades Tupan Fredik Neonane menegaskan, anggaran itu  akan di gunanakan seluruhnya untuk warga Desa Tupan.
Dana desa  2020 senilai 851 juta Rupiah itu, akan dipotong untuk pengadaan masker, tong cuci tangan dan kebutuhan lainnya.
 Hali itu sudah ditrtapkan melalu rapat pada  tanggal 16 april 2020 dikantor desa Tupan.
” ini merupakan rapat perdana guna menetapkan anggaran perubahan,” tegasnya.
Ia menegaskan, beberapa program bantuan yang sdh ditetapkan tahun 2020 macam program bantuan rumah ditiadakan.
“Untuk bantuan rumah pada tahun ini didesa tupan sebanyak 6 buah namun ditiadakan dan anggaran ADD lainnya akan dialihkan ke penanganan covit 19 saat ini,” ujarnya.
Ia mengatakan,  ada juga perubahan program baru yang sudah ditetapkan pemerintah pisat yaitu, bantuan untuk tahun ini bagi yang belum pernah menerima PKH atau non PKH akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600.000 per bulan yang akan berlangsung selama 3 bulan kedepan.
 Selain non PKH,  pihak desa juga  menyiapkan program bantuan air bersih untuk masyarakat desa tupan.
Sementara itu,  Menurut Sekretaris Desa (sekdes) Tupan Abraham Neonane,  sebagai perangkat desa dia menyiapkan posko pemantauan, dan harus bekerja sama dengan tua adat, tokoh masyarakat, dan kelompok pemuda didesa tupan untuk sama-sama  bergandengan tangan menjaga kenyamanan dan kesehatan masyarakatnya. (Erick)

Komentar Anda?

Related posts