Investigasi Human Trafficking, John Seo Wartawan Asal NTT Raih Penghargaan Dunia

  • Whatsapp

Kupang,lensantt.com –  Karya investigasi kolaboratif wartawan TEMPO , Jhon Seo asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dan tim dari Malaysiakini.com meraih penghargaan pers internasional, dari The Society of Publisher in Asia (SOPA).

 

“Sangat bersyukur dan bangga, Ini investigasi tim, tidak bisa dilakukan sendirian,”kata wartawan Tempo asal NTT, John Seo, Senin, 9 Juli 2018.

Ia Menuturkan, dalam proses berit investigasi tersebut, saya kebagian menyusuri alur perdagangan manusia dari NTT hingga Malaysia , melalui jalur ilegal atau yang sering disebut sebagai jalur tikus.

“Saya sempat menyamar menjadi seorang Cukong,dan berpindah-pindah hotel selama di Malaysia” tambah Jhon

berita Investigasi tersebut tentang perdagangan manusia yang terjadi di antara dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia.

Hasil inveatigasi tersebut, selanjutnya terbit di Majalah TEMPO dan Malaysiakini.com dengan tajuk ‘Following the Illegal Indo-M’sia Maid Trade’.

karya invenstigasi kolaborasi bersama itu, sebelumnya masuk nominasi dengan kategori Excellence in Investigative Reporting, bersaing dengan Reuters , The Wall Street Journal dan dua media lainnya berbahasa mandarin.

Dengan berhasilnya mencapai penghargaan internasional tersebut,Jhon Seo bakal bertolak ke Hongkong (ikz)

Komentar Anda?

Related posts