Sunday, July 21, 2024

Ibrani 10 : 19 – 30 Ketekunan

-

Kupang, lensantt.com

Tekun artinya sesuatu pekerjaan yang kita lakukan dengan konsisten. Kita akan fokus pada apa yang kita lakukan apabila kita memiliki ketekunan. Dan dari ketekunan itu maka spiritualitas akan bertumbuh dalam masing2 pribadi. Bagaimana supaya spiritualitas bisa bertumbuh? Maka kuncinya adalah ketekunan. Dan mengapa kita harus bertekun?

Rasul Paulus menekankan pada Jemaat di Ibrani bahwa mereka harus hidup dalam ketekunan oleh karena begitu banyak tantangan-tantangan yang terjadi dalam hidup dan pelayanan. Harus setia dan senantiasa bertekun supaya kita dapat melakukan kehendak Allah dan mendapatkan apa yang dijanjikan olehNya.

Ketika Tabir Bait Allah terbelah saat Yesus disalibkan menandakan bahwa kita telah ditebus secara cash oleh Tuhan. Tuhan sudah mengerjakan bagianNya, sudah membayar lunas dosa kita dengan darahNya, maka kita harus berkorban juga yaitu dengan cara bertekun.

Karena itu beberapa hal ini perlu kita lakukan agar kita terus bertekun.

1. Marilah kita menghadap Allah, dekat dengan Allah, bertemu dengan Allah. Itu akan membuat kita merasa tenang, walaupun begitu banyak badai yang melanda hidup ini. Ketika kita bertemu dengan Allah maka hati kita harus bersih, suci dan tulus ikhlas melepaskan segala dosa, memiliki keyakinan iman yang teguh.

2. Marilah teguh berpegang pada pengakuan dan pengharapan kita karena Allah yang kita sembah adalah Allah yang setia. Janji yang kita ucapkan untuk melayani Tuhan, haruslah kita pegang teguh dan jangan pernah goyah oleh apapun. Setialah melayani Tuhan maka Tuhan pun akan setia melayani kita.

3. Marilah kita saling memperhatikan. Dengan saling memperhatikan maka akan menolong kita untuk saling mendorong dalam Kasih. Pada situasi tertentu iman kita kadang menjadi lemah, maka kita butuh dorongan dari orang lain dan begitu pun sebaliknya.

4. Marilah kita saling menasehati dan semakin giat melakukannya menjelang Hari Tuhan yang semakin dekat. Mungkin lewat satu atau dua kalimat yang keluar dari mulut kita akan membantu orang lain yang sedang dalam berbagai persoalan. Ajaklah orang lain untuk mencari Tuhan ketika menghadapi masalah. Karena Tuhan adalah sumber segala sesuatu dan jawaban dari segala persoalan yang kita alami.

Ketika kita sudah tahu akan sesuatu kebenaran, namun kita masih melanggarnya maka Tuhanlah yang akan menghakimi kita sebab pembalasan adalah hak Tuhan.

Karena itu teruslah bertekun dan setia di dalam Tuhan agar hati kita tetap teguh dan iman kita semakin kokoh sehingga hidup kita pun bisa menjadi panutan dan berkat untuk orang lain.

Kiranya Tuhan memberkati kita dengan FirmanNya. Amin (SK)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories