Kupang,lensantt.com – Sempat bersitegang saat Musrenbang di Kecamatan Mehara kini dua orang hebat di di kabupaten Sabu Raijua Yakni, Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke dan ketua DPRD, Paulus Rabe Tuka,SH kembali duduk bersama membahas kemajuan pulau seribu lontar ini.
Fenomena langka ini, terjadi saat Muswarah Rencana Pembanguan (Musrebangcam) Tahap 5 tingkat kecamatan Sabu Barat pada Selasa (03/03/2020) bertempat di gereja Yeruel Seba Kota.
Ancungan jempol harus di berikan terhadap dua putra Sarai ini bagaimana tidak mereka melepas Ego untuk kepentingan masyarakat.
Dalam kegiatan itu, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Sabu Raijua menyampaikan beberapa pokok pikiran penting kaitannya dengan pelaksanaan Forum Musrembangcam barat sebagai kecamatan ke lima dari enam kecamatan yang melaksanakan musrenbang ini.
Kedua tokoh utama didaerah ini, terlihat akur dan sekata saat menyampaikan beberapa hal penting tentang kebutuhan masyarakat di Desa,Kelurahan dan kecamatan.
Hal penting yang dimaksud antara lain ,  Forum musrenbangcam sebagai ajang musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan.
Dengan tujuan,  mendapatkan masukan kaitannya dengan prioritas pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Sehingga, fokusnya pada prioritas kebutuhan, bukan pada keinginan atau kepentingan tertentu. Karena apa yang dibahas dan dihasilkan dalam forum ini, akan dibahas pada musyawarah dalam forum OPD kabupaten sabu raijua.
Selain itu, musrenbang yang dilaksanakan ini dalam rangka mensinergikan serta menyepakati prioritas kebutuhan.
Karena itu, diharapkan fasilitator, peserta, nara sumber dan semua komponen yang terlibat agar melahirkan keputusan bersama dalam menyusun program  kegiatan pembangunan untuk tahun 2021, sehingga musrenbangcam dapat menghasilkan sebuah perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel yang menjadi dasar pelaksanaan pembangunan tahun depan.
Senada kedua figur mengungkapkan, bahwa, musrenbang ini merupakan pencapaian visi, misi, serta tujuan dan sasaran program pembangunan sabu raijua.
 Karena itu, perlu sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan yang perlu dukungan APBD, APBD Provinsi juga APBN. Dan dprd  menurut Rabe Tuka, akan terus mengawal apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Bupati Sarai yang akab di panggil Mabala ini berjanji , akan terus mengutamakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat dalam menuangkannya pada pogram dan kegiatan setiap .
“pembahasan RKPD Kabupaten, kemudian menjadi rancangan akhir yang kemudian dugunakan untuk penyusuna KUA dan PPAS, dan dibahas bersama DPRD,” kata dia.
”  bahwa tanggungjawab maju, mundur dan jatuh bangunnya kabupaten sabu raijua tidak hanya dipertanggungjawabkan oleh pemerintah, tetapi merupakan tanggungjawab bersama antara pihak Pemerintah dan DPRD sebagai pemegang mandat agubg, dan repsentasi dari kepercayaan dan harapan kedaulatan seluruh rakyat kabupaten sabu raijua,” tambahnya.
Untuk diketahui, turut hadir dalam kesempatan tersebu, sekda sabu raijua Septenius M Bule Logo,SH,M.Hum, para pimpinan OPD,TNI,Polri, Tomas,Toda,Toga, camat sabu barat. (red/humas).
Baca Juga :  Agus Sosiawan : Embung Di Sarai Berguna Bagi Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here