Dinobatkan Jadi Maneleo, Bupati Ronda Sematkan Ti’i Langga Di Kepala Jokowi

  • Whatsapp

Rote,ndao – sesuai jadwal kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi) Senin (8/01/2018) harus bertandang kr kabupaten Rote Ndao.

 

Kejadaian mengejutkan terjadi setelah presiden RI ini mendapat kehormatan pasalnya, jokowi dinobatkan sebagai Maneleo Rote Ndao oleh Bupati Rote Ndao Drs Leonard Haning. Penobatan ini, saat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di bandara D.C Saudale pukul 16:20 wita, kecamatan Lobalain, dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Rote Ndao.Bupati Haning menyamatkan topi Tii Langga kepada presiden dan sarung adat Rote, sementara itu ibu Iriana dikenakan Bula Molik di kepala dan sarung oleh Ny Paulina Haning, selanjutnya diikuti tuturan bahasa adat oleh salah seorang penyair Anderias Ruy. Usai melakukan tuturan adat, Presiden dijemput oleh para Maneloe dari kecamatan Rote Timur sebanyak 50 orang dan dari kecamatan Lobalain sebanyak 25 orang.

Pantuan media ini, Jokowi beserta rombongan disambut secara adat Bupati Rote Ndao, Drs Leonard Haning, MM di dampingi Ny Paulina Haning Bullu, Kapolres Rote Ndao Murry Miranda, Dandim Letkol Budiono, Danlanal Rote Ndao Letkol Laut (P) Lukman Haris.

Salah seorang maneleo Anderias Ruy kepada wartawan mengatakan dirinya  berterima kasih kepada Bapak Presiden dan ibu iriana yang telah mengunjungi kabupaten Rote Ndao, pasalnya sejak indonesia merdeka selama 73 tahun, baru pertama kalinya Presiden RI (ke-7), Joko Widodo bisa menginjakkan kaki di pulau terselatan dan terdepan NKRI.

Anderias juga menambahkan kiranya kedepannya Bapak Presiden bisa melihat permasalahan pokok yang ada di daerah ini dan jika berkenan Bapak Presiden bisa membantu kami masarakat di kabupaten Rote Ndao.

Usai penjemputan di bandara D.C Saudale Presiden beserta ibu Iriana dan rombongan menuju gedung auditorium bumi Tii Langga sekaligus membuka Rakor Bara JP. (Ikz)

Komentar Anda?

Related posts