Dialihkan Untuk Antisipasi Covid-19, Tahun 2020 Dinas Pariwisata TTS Tak Dapat DAK Dan Dau

  • Whatsapp
 Soe,lensantt.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu unggulan provinsi NTT. Hal itu membuat Gubernur NTT Viktor Bung Tilu Laiakodat menggenjot habis pariwisata di semua Kabupaten/Kota dengan menggulirkan dana besar.
Sehingga setiap destinasi dapat dibenahi menjadi lebih baik. Dengan harapan, wisatawan manacanegara dapat melirik Provinsi NTT dan bisa meningkatkan PAD.
Terbukti, di Tahun 2019 lalu dinas pariwisata kabupaten TTS menyalurkan dana untuk masing objek wisata sebesar 16 M lebih.
Penerapannya,  melalui sistim paket.Diantaranya paket perencanaan, pekerjaan,  dan pelelangan.  penyaluran anggaran  tersebut dari  dana DAK dan dana DAU.
Namun sayang, tahun 2020 ini dinas pariwisata tidak mendapatkan suntikan dana DAU dan dana DAK karena sejumlah dana tersebut akan diluncurkan untuk pengantisipasi virus corona atau C 19 ini.
“Tahun ini kami tidak dapat dana DAK maupun DAU karena di alihkan ke antisipasi Covid-19,” Kata Kadis Pariwisata Kabupaten TTS Tian Yosis Tallo S.E kepada media ini jumat (03/04/2020)
Terkait destinasi wisata ia menjelaskan, ada beberapa destinasi wisata yang belum disahkan pemerintah.
Namun, jika destinasi itu dibuat oleh  masyarakat di wilayah itu  maka mereka akan mengelolanya sendiri.
“Kami memberikan ruang bagi warga, pemuda maupun milenial,” Kata dia.
Ia menegskan, ada 3 destinasi wisata yang diakui oleh pemkab TTS Yakni objek wisata Oetune, objek wisata Bu’at dan Fatumnasi.
“Memang ada sekitar 34 titik destinasi di TTS  namun ada juga yg belum dikelola secara baik oleh pemerintah.yang sudah dikelola sebanyak 16 objek wisata,” tegasnya.
Ia mengakui, soal  banyaknya destinasi yg ada di TTS sehingga Kabupaten tersebut dijuliki sebagai surganya TTS.
“Banyak destinasi yang berbeda baik dari laut maupun dipegunungan,” ujarnya.
Lanjut tallo, untuk membangun pariwisata di tempat itu pihak pemkab TTS membutuhkan pihak ketiga khususnya pengusaha .
” Kami butuh pihak ke tiga agar saling membantu dlm pekerjaan sehingga negeri ini bisa maju dan dikenal banyak orang sehingga para wisatawan berkunjung bisa terkesan baik,” ujarnya.( Erick)

Komentar Anda?

Related posts