Di Ende, Robert Soter Marut Luncurkan Biogas

  • Whatsapp

Kupang,lensantt.com – Marsekal Muda (Pur) Robert Soter Maru Bakal calon Gubernur NTT,  terus bersosialisis ke masyarakat  NTT. Bacagub yang satu ini memang agak beda pasalnya. Saat melakukan sosialisasi tidak hanya sekedar duduk dan berbicara tapi selalu memberikan bantuan  biagoas. Kali Pria yang di kenal dengan nama RSM itu  meluncurkan biogas di Desa Embuzozo, Kecamatan Nangapenda, Kabupaten Ende, Senin (20/11/2017).

Kedatangan Robert Marut, disambut Kepala Desa, masyarakat dan kolompok tani. Mereka pun berharap program biogas ini dikembangkan lebih luas bila kelak memimpin NTT.

Pada kesempatan itu RSM mengatakan, biogas dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat karena biaya bahan bakar menjadi lebih hemat. Selain itu, biogas juga bebas emisi atau asap dari hasil pembakaran. Biogas juga akan menghasilkan pupuk organik.

Robert mengatakan energi biogas ini cocok untuk masyarakat NTT yang rata-rata mempunyai ternak. “Kotoran dari ternak ini bisa kita gunakan untuk energi biogas,” tandas jenderal bintang dua Angkatan Udara ini.

Robert mengatakan bila kelak dirinya dipercaya memimpin NTT, maka program biogas ini akan dikembangkan secara luas.

” Saya sampaikan kepada bapak ibu semuanya, ketika saya dipercayakan oleh masyarakat NTT menjadi Gubernur, yang paling pertama adalah kembangkan energi ramah lingkungan ini. Energi biogas ini sangat mudah untuk mendapat bahannya dan cocok untuk NTT. Dan ini juga memotivasi masyarakat untuk beternak,” tandasnya.

Kepala Desa Embuzozo, Polikarpus Dari dalam sambutannya mengapresiasi program biogas ini.

“Saya sebagai kepala desa dan mewakili masyarakat Desa Embuzozo mengucapkan banyak terima kasih kepada RSM, karena program ini luar biasa untuk desa kami,” ujarnya.

Ia mengatakan program ini sudah lama direncanakannya. Tetapi hanya rencana dan baru bisa terealisasi berkat bantuan Robert Marut. (Ikz)

Komentar Anda?

Related posts