Arti Angka Tiga Dan Restu Untuk Harmoni

  • Whatsapp

Kupang, lensantt.com- Komisi pemilihan Umum (KPU ) NTT menjawab penantian panjang  empat paket terkait nomor urut pasangan Calon (Paslon) pada pilgub NTT 2018 dengan menggelar pleno terbuka penarikan nomor undian pada selasa (13/02/2018).

Hasil penarikan tersebut pasangan EC (esthon Foenay- Chris Rotok) mengulang sejarah lima tahun lalu karena mendapatkan nomor satu (1), Pasangan Marianus Sae dan Emilia Nomleni (MS-Emi) berhak atas nomoe urut dua (2), sedangkan pasangan HARMONI (Benny K Harman dan Benny A Litelnoni) mendapat nomor urut tiga (3) dan Nomor paling buntut  empat  (4)menjadi hak paket Victory- Joss (Victor Laiskodat dan Joseph Naisoi)

Berbicara soal angka tentunya punya makna dan juga bisa menjadi keberuntungan tersendiri.  begitu juga angka tiga (3)  makna Paket HARMONI.

Angka ganjil ini  punya arti Tersendiri bagi paket HARMONI yakni, Filosofi Religius, Politik dan Kebangsaan. “ Angka 3 ini memiliki banyak makna. Untuk Harmoni, angka tiga punya makna filosofi religius, politik dan kebangsaan,” ungkap BKH kepada wartawan usai penarikan nomor urut di Hotel Aston NTT, Selasa, 13 Februari 2018.

Makna religius yang terkandung dalam angka 3 menurut keyakinan umat kristinai, mngandung makna Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus. “ Makna secara religius ini seturut dengan keyakinan kekristenan kita, bahwa ada tiga unsur dalam satu pribadi. Dan Harmoni menyakini bahwa tiga unsur tersebut sejalan dengan Harmoni. Kami merasa terberkati dengan keyakinan ini, dan merasa satu menuju NTT Sejahterah,” ungkapnya.

Soal makna politik yang terkandung dalam angka 3, menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini, angka 3 mengandug makna bahwa Paket Harmoni didukung oleh koalisi 3 partai politik (Partai Demokrat, PKP Indonesia dan PKS).

“ Secara politik makna angka 3 sama persis dengan jumlah pengusung Paket Harmoni, yang memiliki tujuan yang sama, walau berbeda kita semua tetap bersatu. Kita Bhineka, Kita Harmoni,” jelasnya.

Sedangkan untuk makna kebangsaan, filosofi angka 3 mengandung makna sila ketiga yakni Persatuan Indonesia. Makna sila ketiga ini, tertuang dalam tagline Harmoni yakni Kita Bhineka, Kita Harmoni.

“ Sila ketiga persatuan indonesia itu tergambar dalam tagline kami yakni khebinekaan. Persatuan itu yang akan kita manifestasikan dalam khebinekaan harmoni,” tuturnya.

Arti angka tiga untuk Harmoni ini juga berbanding lurus dengan kepercayaan Dalam agama Hindu, yakni Shiwa yang sering digambarkan dengan trisula, garpu mewakili tiga kekuatan fundamentalnya: kehendak, tindakan dan pengetahuan. Dia juga sering digambarkan memiliki mata ketiga ditengah-tengah dahinya. Dengan mata itu, ia bisa melihat hal-hal tertentu. Dan memiliki kewaskitaan.

Shiwa digambarkan memiliki mata ketiga, tepat di tengah-tengah di dahinya, di antara kedua mata. Dikatakan bahwa ketika “mata ketiga” nya terbuka, memancarkan sejumlah besar energi, dan semuanya menjadi jelas, ia masuk ke dalam HARMONI dengan kosmos, menjadi setara dengan frekuensi kosmik, harmoni yang sempurna.

Kita juga temukan bahwa banyak budaya di India kuno dan Asia juga menggambarkan makhluk dengan mata ketiga namun ini jarang di bagian dunia lain. Hal ini diyakini menjadi pusat kekuatan spiritual seseorang.

Angka Tiga (3) yang juga menjadi nomor  urut paket HARMONI pada pilgub 2018 ini juga bisa saja menjadi restu untuk dua figur duo Benny tersebut. (ikz)

 

Komentar Anda?

Related posts