Monday, July 22, 2024

460 Ribu KK di NTT Belum Dialiri Listrik

-

Kupang, lensantt – Dari data statistik provinsi NTT memiliki 1.098 ribu rumah tangga dari jumlah tersebut baru 58 persen atau 623 ribu KK yang  sudah mendapat pelayanan listrik secara regular sedangkan sisanya sekitar  460 Ribu Kepala Keluarga (KK) di provinsi NTT hingga saat ini belum dialiri listrik.

“Sekitar 46 ribu KK di seluruh kabupaten belum mendapat listrik ,” kata Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) provinsi NTT Danny Suhadi kepada wartawan diaula kantor DPRD Provinsi NTT  Kamis  (20/11).

Untuk menerangi rumah mereka Kata Suhadi, ribuan KK ini tersebar 22 kabupaten ini harus menggunakan lampu  alternative yang di rakit sendiri, “Sebagian dari mereka gunakan lampu tioek,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya pemerintah daerah berupaya sekuat tenaga sehingga semua warga NTT dapat dialiri listrik  sehingga dalam 3 tahun terakhir  pemda NTT melalaui Dinas pertambangan  telah menjalankan program Dana Alokasi Khusus (DAK) Energi Pedesaan  namun dengan dana yang sangat minim program tersebut belum bisa mencapai target sehingga pemda NTT  dalam memenuhi kebutuhan listrik di NTT sangat membutuhkan perhatian pemerintah pusat dalam megalirkan bantuan dana yang di alokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” Untuk penuhi kebutuhan butuh kerja yang luar biasa, juga dukungan dana dari pemerintah pusat,” katanya. (Ikzan)

Komentar Anda?

Izack Kaesmetan
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

FOLLOW US

0FansLike
0FollowersFollow
14,700SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories