Beranda Ekbis Penuhi Panggilan Penyidik, Yonas Salean Dicecar 25 Pertanyaan

Penuhi Panggilan Penyidik, Yonas Salean Dicecar 25 Pertanyaan

Kupang,lensantt.com – Mantan Walikota Kupang akhirnya memenuhi panggilan penyidik Kejaksaaan Provinsi NTT pada, Senin,(10/08/2020).

Mantan Walikota Kupang ini diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penguasaan asset negara berupa tanah di jalan veteran, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Saat diperiksa Salean didampingi Kuasa Hukumnya Yanto Ekon.

Kepada media usai pemeriksaan Yanto Ekon menegaskan, Kliennua dicecar 25 pertanyaan oleh tim penyidik Kejati NTT.

“Pak Jonas dicerca 25 pertanyaan dan masih sebatas riwayat jabatan yang didudkui Pak Jonas selama menjadi PNS dan Walikota,” kata dia.

Sedangkan terkait materi pemeriksaan, kata dia, masih sebatas prosedur penunjukan tanah kapling itu. Namun, mereka tetap pada pendirian bahwa perlu adanya pembuktian, apakah tanah itu milik Pemda Kabupaten Kupang atau bukan?.

Baca Juga :  KRN "Godok" Calon Dirum Bank NTT

Karena, menurut dia, putusan perdata Pengadilan Negeri (PN) maupun Pengadilan Tinggi (PT) menyatakan tanah di jalan Veteran merupakan tanah milik Jonas Salean. Justru, pencatatan tanah sebagai aset pemda Kabupaten Kupang adalah perbuatan melawan hukum.

“Menurut putusan pn perdata yang belum dibatalkan yang melakukan perbuatan melawan hukum adalah Pemda Kabupaten Kupang,” tegasnya.

Walaupun diakuinya putusan perdata itu belum berkekuatan hukum tetap (Inkrah), karena pemda KabupatennKupang masih lakukan kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Agenda pemeriksaan lanjutan Jonas Salean dijadwalkann pada 19 Agustus 2020. “Semoga pak Jonas tetap sehat dan hadiri panggilan itu,” katanya.

Kepala seksi penerangan dan hukum (Penkum) Kejati NTT, Abdul Hakim mengatakan Jonas Salean diperiksa sebagai saksi terkait kasus penguasaan aset negara di Jalan Veteran Kota Kupang.

Baca Juga :  Waspadai Investasi Bodong, Kepala OJK NTT Minta Masyarakat Pro Aktif
Baca Juga :  Pipa Tak Berfungsi, Warga Desa Nekamese Dan Fat Kekurangan Air Bersih

“Pemeriksaan hari ini sebagai saksi dan tidak tahu apakah statusnya berubah hari ini juga belum bisa dipastikan. Dan, yang jelas pasti ada yang tanggungjawab,” kata Abdul. (Ikz)

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Nomor 1 Untuk Helama Tona Ie, Rihi Heke : Mari BerSATU Untuk Sabu Raijua

Seba,lensantt.com- KPU Sabu Raijua telah melakukan penarikan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten tersebut. Hasilnya paket HELAMA TONA IE (Drs.Nikodemus N Rihi...

1 Pasien  Positif Covid-19 Di TTS Dalam Kondisi Buruk, Jubir : Saat Ke Soe Pasien Menumpang Ojek

Soe, lensantt.com-  pasien covit 19 di kabupaten TTS, satu orang pasien asal desa nulle kecamatan amanuban barat kabupaten TTS,  Berinisial IP diketahui dalam kondisi...

Kisah Johanis Landu Praing Yang Bergelut Dari Sopir Hingga Jadi Dirum Bank NTT

Kupang,lensantt.com - Nasib orang tidak ada yang tahu. Memang benar jika perjuangan dengan ketulusan maka akan meraih hasil memuaskan. Hal itu juga di alami Oleh Direktur...

Melirik Sosok Johanis Landu Umbu Praing Pria Rendah Hati Dengan Komitmen Untuk Bank NTT

Kupang,lensantt.com -  Begitu banyak Bankir yang ada di provinsi NTT. Namun ada sosok humanis dan rendah hati. Dialah Direktur Umum (Dirum) Bank NTT Johanis  Landu...

Partai Hanura TTS  Bedah Rumah  Janda Rut Tafui 

Soe, lensantt.com- Proses bedah rumah milik wanita Paruh Baya Rut Tafui warga Desa Noenbila Keluhanahan Nonohonis kab TTS yang dilakukan oleh Fraksi Hanura melalui...