Beranda NTT Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Sabu Raijua Serahkan 87 Unit Pompa Air Untuk...

Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Sabu Raijua Serahkan 87 Unit Pompa Air Untuk Petani Di 6 Kecamatan

Menia, lensantt.com – Untuk mengembangkan sektor pertanian Bupati Sabu Drs.Nikodemus Rihi Heke,M.Si, didampingi Kadis Pertanian,Ir Mansy R.Kore, barsama Sekretaris Dinas,Ir.Putrasyah Ballich,M.Si, menyerahkan 87 unit pomoa air, disertai selang air berukuran 2 dim, dan 3 dim pada Rabu (29/07/2020).

Bupati Sabu Raijua Drs.Nikodemus Rihi Heke, M.Si saat menyerahkan bantuan kepada petani

Selain itu, Para petani juga mendapat selang hisap air dengan panjang 6 m, dan selang buang berukuran 50 meter.
Penyerahan itu, diiterima langsung secara simbolis oleh perwakilan kelompok penerima dari 6 kecamatan, yakni, Kecamatan Sabu Timur, Sabu Liae, Sabu Tengah, Sabu Barat, Hawu Mehara, dan Kecamataan Raijua, di ruang Posko Covid-19, kantor bupati sabu raijua, Menia.
Dalam arahannya, bupati menjelaskan,bahwa, bantuan yang diberikan ini demi mengatasi dan membantu, serta meringankan beban para petani yang terdampak covid-19, dimana sumber dananya dari hasil refocusing APBD Sabu Raijua TA 2020, kaitannya dengan penanganan masalah pandemi civid-19, yang direalokasikan untuk pembelanjaan terhadap kebutuhan masyarakat.
 Menurut bupati, Pandemi corona virus ini, telah mempengaruhi tatanan kehidupan sosial, ekonomi dan budaya. Salah satu contoh, yaitu, pns wajib kerja dari rumah, anak-anak sekolah belajar dirumah. Pertanyaannya, apakah para petani, apakah para nelayan disuruh juga bekerja dari rumah ?.
Tentunya tidak demikian halnya, sebab petani harus bekerja di sawah, ladangnya, dan nelayan harus turun melaut dengan tetap menuruti ketentuan protokol kesehatan.
Hal inilah yang dipikirkan, dan menjadi beban serta tanggungjawab dari pemerintah daerah sabu raijua terhadap masyarakatnya yang mengalami susah dalam hal bertani.
 Dan selama ini, tidak hanya bagi petani saja. Meski dalam banyak  keterbatasan yang di miliki pemda dalam hal anggaran.
Namun pemerintah tetap berusaha semaksimal mungkin kaitanya dalam hal pemberian bantuan-bantuan selama ini bagi masyarakat.
Dijelaskannya lagi, bahwa, bantuan ini adalah modal usaha agar pembangunan pertanian tetap dikembangkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
 Karena itu, kepada individu dan kelompok, diingatkan agar manfaatkankah bantuan ini dengan penuh rasa syukur, rasa tanggungjawab secara bersama-sama. Akhiri arahannya, kembali bupati utarakan, bantuan ini tidak ada kaitannya dengan menjaring dukungan untuk pilkada desember nanti.  Tetapi bantuan ini diberikan agar masyarakat dapat melakukan usaha pertaniannya kembali normal, dan roda perekonomian bergeliat, dan kembali pulih.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sabu Raijua,Ir.Mansy R Kore, saat memberikan arahan teknisnya kepada 87 orang petani penerima bantuan menjelaskan, penyerahan bantuan ini juga dalam rangka mengantisipasi agar para petani tidak mengalami gagal tanam, maupun gagal panen lagi pada saat tanam tahun ini.
Dan masyarakat dapat keluar dari masalah kesusahan karena kemarau panjang dan kekeringan, yang imbasnya pada gagal tanam dan gagal panen. Dia juga berharap agar bantuan peralatan ini, suoaya dijaga dan dirawat dengan baik. Sebab menurutnya, bantuan mesin pompa air yang sama pada kali lalu, oleh petani di desa Delo, dan di Sabu Timur, sudah lima tahun menggunakannya dan barang masih baik sampai sekarang. Jarena mereka terus merawat dan memelihara dengan baik dan bertanggungjawab,” tukas Mansy Kore. (Iks/hmssarai)
Baca Juga :  259 Warga Diserang Diare, Bupati TTS Tetapkan Sebagai KLB
Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Aliansi Solidaritas Besipae : Warga Gantungkan Hidup Di Hutan Pubabu

Kupang, lensantt.com- Persoalan antara Pemprov NTT dan waga Besipae terus bergulir. Kali ini Oraganisasi yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Besipae menggelar aksi di kantor Gubernur...

Tolak Pembangunan Sarana Di TNK,  Formapp Mabar “Serbu” Kantor DPRD Mabar 

Labuan Bajo,lensantt.com – Kelompok  masyarakat yang tergabung dalam Forum dan Penyelamat Pariwisata (Formapp) Kabupaten Manggarai Barat, NTT menggelar aksi unjuk rasa di DPRD dan...

Kabupaten/Kota Sepakat “Suntik”  Dana 1 Persen Dari APBD Untuk Bank NTT

Kupang,lensantt.com - Untuk  Pemenuhan Modal Inti Rp. 3 Triliun Tahun 2024 pada PT. BPD NTT, sebagai pemenuhan POJK 12 Tahun 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Untuk...

Motivasi Yosef Tanu Dari “Taman Eden”

Kefamenanu,lensantt.com- "Sang Motivator" Kalimat ini pantas di sandangkan kepada Yosef Tanu bagaimana tidak kendati sudah menduduki jabatan penting di jajaran birokrasi Kabupaten  TTU ia...

Komitmen Kesejahteraan Dari Bank NTT Dan Pemda Untuk Masyarakat Sumba Barat

Kupang,lensantt.com - Untuk membangun sebuah daerah pihak pemda tentunya membutuhkan suport dari pihak lain. Hal itu dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Barat yang menggandeng...