Beranda Pendidikan Soal Pertumbuhan Anak, Bupati Sabu Raijua Tegaskan Orang Tua Punya Peran Penting

Soal Pertumbuhan Anak, Bupati Sabu Raijua Tegaskan Orang Tua Punya Peran Penting

Seba, Lensantt.com – Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke menegaskan, orang tua punya peran penting dalam pertumbuhan anak sejak balita.

Refresing Kader Bina Keluarga Balita

 

Hal ini disamapaikan saat membuka kegiatan Refresing Kader Bina Keluarga Balita berlangsung di Sanggar Kegiatan Belajar, Desa Ledeana, Kecamatan Sabu Barat, Kamis (8/8/2019) yang diikuti 151 peserta kader.
Bupati Sabu Raijua Drs.Nikodemus Rihi Heke,M.Si.  mengatakan, program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui kegiatan bina keluarga balita (BKB)  merupakan,  wadah yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang memiliki balita.

Dalam membina,  tumbuh kembang balita melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, emosional dan sosial ekonomi  dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu upaya untuk dapat mengembangkan fungsi-fungsi pendidikan, sosialisasi dan kasih sayang dalam keluarga.

Baca Juga :  87 Peserta Ikut Lomba Menyanyi RRI Indonesia

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat,   orang tua mampu mendidik dan mengasuh anak balitanya sejak dini.

Dalam mengasuh anak, keluarga menjadi lembaga pertama yang mempunyai tanggunghawab memberikan pembinaan tumbuh kembang anak, sehinga keluarga merupakan wadah pertama dan utama dalam mengasuh anak melalui tiga kebutuhan dasar anak, yakni, aspek fisik, biologis, serta  kasih sayang dan stimulasi.

Sedangkan ciri khusus program BKB ini, lanjut dia tebagi dalam beberapa bagian yakni, pembinaan orang tua dan anggota keluarga balita lainnya;, membina tumbuh kembang balita dan anak,  perlakuan orang tua yang tidak membedakan anak laki dan perempuan.

Juga pada, penggunaan alat bantu APE,ceritera, dongeng, nyanyian sebagai tumbuh kembang balita.

Bupati mengingatkan,  ada tiga kebutuhan dasar anak yang harus di penuhi yakni, pola Asih, merupakan kasih sayang dari orang tua, pola Asuh seperti pemberian nutrisi yang cukup, tempat bermain yang memadai, perawatan saat sakit, lingkungan yang sehat dan baik. Sedang dalam hal Asah meliputi pendidikan non formal dan formal termasuk stimulasi, olah raga dan lain-lain,” terang bupati.

Baca Juga :  Protes Penyaluran PIP, Anita Gah Dinilai Tak Pro Rakyat
Baca Juga :  Jeriko Minta Kemendikbud Atur Regulasi Teknis Pemotongan TPG

Ia meminta, agar tingkatkan peranan keluarga, lembaga pendidikan masyarakat menjadi sangat penting dalam memberikan pengasuhan kepada anak sejak dini untuk membangun karakter bangsa yang mulia.

Mengakhiri sambutannya, Bupati meminta kepada seluruh orang tua kader peserta balita agar dapat memahami dan menerapkan pola pengasuhan dengan penuh kasih sayang merupakan hak setiap anak, yang dimulai dari dalam keluarga. (Ikz/hms).

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

1 Pasien  Positif Covid-19 Di TTS Dalam Kondisi Buruk, Jubir : Saat Ke Soe Pasien Menumpang Ojek

Soe, lensantt.com-  pasien covit 19 di kabupaten TTS, satu orang pasien asal desa nulle kecamatan amanuban barat kabupaten TTS,  Berinisial IP diketahui dalam kondisi...

Kisah Johanis Landu Praing Yang Bergelut Dari Sopir Hingga Jadi Dirum Bank NTT

Kupang,lensantt.com - Nasib orang tidak ada yang tahu. Memang benar jika perjuangan dengan ketulusan maka akan meraih hasil memuaskan. Hal itu juga di alami Oleh Direktur...

Melirik Sosok Johanis Landu Umbu Praing Pria Rendah Hati Dengan Komitmen Untuk Bank NTT

Kupang,lensantt.com -  Begitu banyak Bankir yang ada di provinsi NTT. Namun ada sosok humanis dan rendah hati. Dialah Direktur Umum (Dirum) Bank NTT Johanis  Landu...

Partai Hanura TTS  Bedah Rumah  Janda Rut Tafui 

Soe, lensantt.com- Proses bedah rumah milik wanita Paruh Baya Rut Tafui warga Desa Noenbila Keluhanahan Nonohonis kab TTS yang dilakukan oleh Fraksi Hanura melalui...

Peneliti Temukan Obat Hepatitis Dan Obat Kuat Pria Dari Pohon Faloak, Pemprov NTT Akan Produksi Masal

Kupang,lensantt.com - Pemerintah Pemprov NTT terus berbemah Dimasa Kepemimpinan Gubernur NTT Viktor Bung Tilu Laiskodat . Kali ini Pemprov NTT melalui Aji seorang peneliti menemukan...