๐—ช๐—”๐—ž๐—œ๐—Ÿ๐—œ ๐—•๐—จ๐—ฃ๐—”๐—ง๐—œ ๐—ฆ๐—”๐—•๐—จ ๐—ฅ๐—”๐—œ๐—๐—จ๐—”, ๐—”๐—ฆ๐—œ๐—ฆ๐—ง๐—˜๐—ก ๐—œ ๐—ฆ๐—˜๐—ž๐——๐—” ๐—Ÿ๐—”๐—ก๐—ง๐—œ๐—ž ๐—ฃ๐—˜๐—ก๐—š๐—จ๐—ฅ๐—จ๐—ฆ ๐——๐—”๐—ก ๐— ๐—˜๐— ๐—•๐—จ๐—ž๐—” ๐—ž๐—˜๐—š๐—œ๐—”๐—ง๐—”๐—ก ๐—•๐—œ๐— ๐—•๐—œ๐—ก๐—š๐—”๐—ก ๐—ง๐—˜๐—ž๐—ก๐—œ๐—ฆ ๐—ž๐—ฅ๐—œ๐——๐—” ๐—ฆ๐—”๐—ž๐—” ๐—ฃ๐—ข๐—  ๐—ž๐—”๐—•๐—จ๐—ฃ๐—”๐—ง๐—˜๐—ก ๐—ฆ๐—”๐—•๐—จ ๐—ฅ๐—”๐—œ๐—๐—จ๐—”.

  • Whatsapp

Lensantt.com, Asisten I Sekda Sabu Raijua, Ir. Titus Bernadus Duri yang didampingi Kepala BPOM di Kupang, Drs. Yoseph Nahak Klau, A.Pt, M.Kes dan Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sabu Raijua, Markus Lodo, S.Sos melantik pengurus dan membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Krida Saka POM Kabupaten Sabu Raijua di Aula Kantor Bupati Sabu Raijua, Jumat (17/05/2024).

Dalam sambutannya Asisten I Sekda Sabu Raijua mengatakan Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) merupakan wadah kegiatan untuk(ikz) meningkatkan pengetahuan, ketrampilan praktis, pengalama dan kecakapan khususnya tentang pengujian sederhana, pemantuan dan informasi dalam bidang Obat dan Makanan yang dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan serta memiliki rasa cinta dan jiwa berbakti yang berguna bagi Bangsa melalui pengabdian dalam bidang Pengawasan Obat dan Makanan. Melalui SAKA POM diharapkan segenap Pramuka Indonesia khususnya wilayah Nusa Tenggara Timur termotivasi dan bersedia menyebarluaskan informasi tentang obat dan makanan yang bermanfaat bagi masyarakat dan anggota SAKA POM yang telah dilatih diharapkan memiliki sikap, perilaku yang baik, memiliki rasa cinta dan jiwa berbakti, memiliki cara berpikir yang berdaya guna dan dapat berkontribusi dalan mencegah pelanggaran di Bidang Obat dan Makanan. SAKA POM terdiri dari tiga Krida yakni, Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan yang Mencakup Pengujian Sederhana Obat dan Makanan dan Pengujian Sederhana Mikrobiologi, Krida Pemantauan Obat dan Makanan yang mencakup Pemantauan Penandaan Obat dan Makanan , Pemantau Iklan Obat dan Makanan dan Penggunaan Aplikasi Pemeriksaan Obat dan Makanan dan Krida Pemberi Informasi Obat dan Makanan yang mencakup Pemberi Informasi Obat dan Makanan, Penyusunan Berita Obat dan Makanan dan Produksi dan Distribusi Obat Tradisional, Kosmteik dan Pangan.

Read More

Mengkahiri sambutannya Asisten I Sekda Sabu Raijua mengatakan Keberadaan SAKA POM sebagai upaya meningkkatkan efetivitas pengawasan obat dan makanan serta pengetahuan masyarakat dalam memilih produk obat dan makanan yang akan dikonsumsi. Segenap anggota dan pengurus bisa menjadi perpanjangan tangan Pemerintah dan menjadi salah satu wadah kegiatan untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif dalam bidang pengawasan obat dan makanan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga dan lingkungan.

Sebelumnya Kepala Balai POM di Kupang menyampaikan ucapan selamat untuk Badan Pengurus yang di lantik serta ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raiju dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sabu Raijua. Pelantikan Satuan Karya POM ini telah di inisiasi secara Nasional pada tanggal 5 Desember 2023 pada saat Munas di Aceh, tetapi proses ini sudah dirancangkan jauh sebelum itu dengan satu pemikiran Pramuka adalah organisasi besar dimana di dalamnya terhimpun Orang-Orang yang berintelektual untuk membangun Bangsa dan Negara. BPOM punya keterbatasan dalam mengoptimalkan pengawasan obat dan makanan untuk itu perlu menggandeng organisasi besar dengan salah satu langkah strategis yang dilakukan BPOM ialah dengan menggandeng Pramuka.

Turut hadir dan mengikuti kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB, Badan Pengurus Pramuka POM yang akan dilantik dan Angota Pramuka Sabu Raijua. >>

Komentar Anda?

Related posts