Beranda Pendidikan Soal Pertumbuhan Anak, Bupati Sabu Raijua Tegaskan Orang Tua Punya Peran Penting

Soal Pertumbuhan Anak, Bupati Sabu Raijua Tegaskan Orang Tua Punya Peran Penting

Seba, Lensantt.com – Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke menegaskan, orang tua punya peran penting dalam pertumbuhan anak sejak balita.

Refresing Kader Bina Keluarga Balita

 

Hal ini disamapaikan saat membuka kegiatan Refresing Kader Bina Keluarga Balita berlangsung di Sanggar Kegiatan Belajar, Desa Ledeana, Kecamatan Sabu Barat, Kamis (8/8/2019) yang diikuti 151 peserta kader.
Bupati Sabu Raijua Drs.Nikodemus Rihi Heke,M.Si.  mengatakan, program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui kegiatan bina keluarga balita (BKB)  merupakan,  wadah yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang memiliki balita.

Dalam membina,  tumbuh kembang balita melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, emosional dan sosial ekonomi  dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu upaya untuk dapat mengembangkan fungsi-fungsi pendidikan, sosialisasi dan kasih sayang dalam keluarga.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Sumba Barat Bangun Kemitraan dengan YLAI

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat,   orang tua mampu mendidik dan mengasuh anak balitanya sejak dini.

Dalam mengasuh anak, keluarga menjadi lembaga pertama yang mempunyai tanggunghawab memberikan pembinaan tumbuh kembang anak, sehinga keluarga merupakan wadah pertama dan utama dalam mengasuh anak melalui tiga kebutuhan dasar anak, yakni, aspek fisik, biologis, serta  kasih sayang dan stimulasi.

Sedangkan ciri khusus program BKB ini, lanjut dia tebagi dalam beberapa bagian yakni, pembinaan orang tua dan anggota keluarga balita lainnya;, membina tumbuh kembang balita dan anak,  perlakuan orang tua yang tidak membedakan anak laki dan perempuan.

Juga pada, penggunaan alat bantu APE,ceritera, dongeng, nyanyian sebagai tumbuh kembang balita.

Bupati mengingatkan,  ada tiga kebutuhan dasar anak yang harus di penuhi yakni, pola Asih, merupakan kasih sayang dari orang tua, pola Asuh seperti pemberian nutrisi yang cukup, tempat bermain yang memadai, perawatan saat sakit, lingkungan yang sehat dan baik. Sedang dalam hal Asah meliputi pendidikan non formal dan formal termasuk stimulasi, olah raga dan lain-lain,” terang bupati.

Baca Juga :  Yenny Bhasrie, SE : Jangan Terlena Terus Belajar
Baca Juga :  Soal PIP, Direktur Rumah Aspirasi Nilai DPRD Dan Pemkot Kupang Salah Tafsir

Ia meminta, agar tingkatkan peranan keluarga, lembaga pendidikan masyarakat menjadi sangat penting dalam memberikan pengasuhan kepada anak sejak dini untuk membangun karakter bangsa yang mulia.

Mengakhiri sambutannya, Bupati meminta kepada seluruh orang tua kader peserta balita agar dapat memahami dan menerapkan pola pengasuhan dengan penuh kasih sayang merupakan hak setiap anak, yang dimulai dari dalam keluarga. (Ikz/hms).

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kebutuhan Air Dan Perjuangan Walikota Kupang

Kupang,lensantt.com - Harus diakaui kalau kebutuhan air bersih masih menjadi masalah terbesar di Kota Kupang. Pergantian, Orang nomor satu di Kota ini belum juga...

Warga Cina Yang Terdampar Di Rote Ndao Akan Dievakuasi Ke Kupang

Rote Ndao,lensantt.com - kehabisan bahan bakar Enam Orang Warga Negara Cina terdampar perairan Laut Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara...

Enam Warga Cina Terdampar Di Perairan Rote, Kapolres : Mereka Bebas Virus Corona

Rote Ndao, Lensantt.com - Virus corona kini menjadi ancaman bagi dunia. Penyakit mematikan yang diisukan menyebar dari negara cina ini menjadi momok bagi setiap...

Berbaju Hanura, Iban Medah Kuasai Bali Nusra

Lensantt.com- Politisi senior NTT Drs. Ibrahim Agustunus Medah dipercayakan Ketua Umum DPP Hanura Oesman  Sapta Odang (OSO) untuk menduduki jabatan sebagai Koordinator Wilayah (Korwil)...

Kejagung Tetapka SW Pejabat Bank BTN Sebagai Tersangka 

Jakarta,lensantt.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan tujuh orang sebagai tersangka terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi novasi bank dengan total nilai kerugian negara mencapai...
error: Tidak boleh di Copas